nusabali

Kemendikbud Bekali Guru Pelatihan EV

Menuju Era Elektrifikasi Indonesia

  • www.nusabali.com-kemendikbud-bekali-guru-pelatihan-ev

Ilmu pengetahuan tersebut bisa disalurkan ke murid-murid di mana mereka menyalurkan ilmu ini.

JAKARTA, NusaBali
Persiapan menuju era elektrifikasi tidak sebatas menyiapkan transisi para pengguna kendaraan konvensional ke versi elektrifikasi. Para pengajar atau pendidik yang bertugas memberikan ilmu pengetahuan dan informasi turut menjadi garda terdepan bagi para anak didik dalam transformasi seputar produk elektrifikasi.

Dikutip Suara.com dari kantor berita Antara, Koordinator Bidang Program, Data dan Informasi BBPPMPV BMTI Kemendikbud Ristek Haryono mengatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan pelatihan bagi para tenaga pengajar untuk memasuki era kendaraan elektrik di Indonesia.

"Saat ini kami sedang merancang sebuah pelatihan teknologi listrik untuk bidang otomotif agar bisa dikuasai khususnya untuk tenaga pendidik, kami berharap pada tahun 2023 bisa terealisasi," papar Haryono di Jakarta, Senin (10/10).

Dalam penerapannya, akan dibagi menjadi tiga kompetensi. Mulai pelatihan pengelasan, bodi hingga assembling yang akan menghasilkan sebuah kendaraan listrik. Pada saat ini, disebutkannya masih memfokuskan bagi para tenaga pengajar. Diharapkan nantinya, ilmu pengetahuan tersebut bisa disalurkan ke murid-murid di mana mereka menyalurkan ilmu ini.

Bidang Program, Data dan Informasi BBPPMPV BMTI Kemendikbud Ristek masih lebih banyak memberikan pelatihan untuk kendaraan-kendaraan konvensional atau kendaraan yang masih menggunakan bahan bakar fosil. "Karena saat ini masih banyak di tempat kami itu memperhatikan bagaimana mesin bensin itu bekerja. Maka dari itu, kami akan coba untuk beralih ke energi listrik," jelas Haryono.

Dengan adanya pelatihan ini, nantinya diharapkan bisa menghadirkan prototipe untuk sepeda motor listrik juga mobil listrik dengan berbagai teknologi yang ada di dalamnya.N

Komentar