nusabali

Puan Dorong Infrastruktur Lengkap Dukung Peralihan Kendaraan Listrik

  • www.nusabali.com-puan-dorong-infrastruktur-lengkap-dukung-peralihan-kendaraan-listrik

JAKARTA, NusaBali - Ketua DPR Puan Maharani memastikan DPR ikut mendukung penggunaan kendaraan listrik demi mengurangi polusi udara, serta mengurangi subsidi BBM di tengah harga minyak dunia yang terus meningkat.

Dia juga mendorong pemerintah menyiapkan segala infrastruktur dengan lengkap untuk mendorong peralihan ini.

“Pemerintah perlu menyiapkan infrastruktur yang lengkap sehingga ketika orang beralih ke kendaraan listrik, mereka terjamin dalam penggunaan kendaraannya,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Minggu (18/12/2022).

Hal dikatakan Puan saat menjajal motor listrik dengan dibonceng Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga. Keduanya menempuh jarak sekitar 14 km dari Silang Monas menuju Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta untuk menghadiri acara Electric Vehicle Day. “Macet jalanan-nya, ini pakai motor listrik,” ujar Puan seperti dilansir dari detikcom.

Sesampainya di Plaza Timur GBK, Puan langsung melihat proses produksi motor listrik, termasuk melihat bengkel konversi motor listrik.

Sebelumnya, Puan menekankan penggunaan energi yang ramah lingkungan lewat kebijakan penggunaan mobil listrik di ‘The 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit’ (P20) yang digelar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Oktober lalu. Kompleks Parlemen juga telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 1.954,62 KWP.

Sebagai informasi, kegiatan EV Funday diselenggarakan sebagai rangkaian acara hasil kolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dan PT Pertamina (Persero) yang sebelumnya dilaksanakan pada Minggu (20/11) di Jakarta dan Minggu (4/12) di Bandung.

Acara ini adalah dukungan dan sosialisasi Kementerian ESDM terhadap Kementerian Perhubungan dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai. *

Komentar