nusabali

Wayan Geredeg Bulatkan Tekad Maju DPD RI Dapil Bali

  • www.nusabali.com-wayan-geredeg-bulatkan-tekad-maju-dpd-ri-dapil-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Mantan Bupati Karangasem 2005-2015, I Wayan Geredeg membulatkan tekad untuk merebut kursi DPD RI Dapil Bali dalam Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu terlihat saat kehadiran pria asal Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem ini datang bersama timnya ke kantor KPU Provinsi Bali, di Jalan Cok Agung Tresna, Renon, Denpasar, Selasa (27/12/2022) siang.

Geredeg yang masih menjadi kader Partai Golkar ini datang dengan menyerahkan sekitar 2.200  dukungan persyaratan KTP yang tersebar dari seluruh Bali, sebagai modal awal dirinya maju berkontestasi. 

Dia pun mengakui pengalamanya menjabat sebagai pemimpin di daerah selama 10 tahun, menjadi pijakan dirinya untuk dapat melangkah menuju ke kursi senator.

"Menjabat Bupati Karangasem selama dua periode, dimana awalnya daerah tersebut masuk kategori daerah tertinggal, tetapi dengan segala tantangannya, maka selama 10 tahun mampu mengatasi dan melepas ketertinggalan tersebut. Melalui pertumbuhan ekonomi mencapai 6,2% dan angka kemiskinan dari sebelumnya 37% sampai terakhir 6,8%, atau di bawah rata-rata nasional 11% pada tahun 2015 lalu," ungkap Geredeg saat sesi jumpa pers bersama wartawan di media centre KPU Bali.

Lalu dia menjelaskan berbagai macam program terobosan yang dilakukannya selama menjabat belumlah maksimal. Jika regulasi perimbangan dan pemerataan keuangan daerah yang diatur oleh peraturan pemerintah pusat tidak memihak ke daerah.

"Apalagi jika pendapatan daerah tersebut tidaklah besar, maka perlu adanya perubahan dari sisi undang-undang yang berkaitan dengan keseimbangan keuangan daerah," tuturnya.

Lebih lanjut Geredeg mengatakan khususnya di Bali, meskipun pertumbuhan ekonominya tinggi tetapi belum adanya pemerataan pertumbuhan secara merata di daerah-daerah.

"Karena masih banyak kesenjangan yang terjadi, contoh pertumbuhan ekonomi Bali begitu tinggi di daerah selatan aja, sementara di daerah Bali timur seperti Karangasem, lalu di barat seperti di negara dan sebagainya belumlah terjadi, dan yang dibutuhkan sekarang ialah pemerataan pertumbuhan," jelasnya.

Melihat hal tersebut, Geredeg meyakini melalui perjuangannya lewat kursi Senator, ke depannya dia berharap bisa memperjuangkan pemerataan pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi Kabupaten di Bali yang memiliki pendapatan daerahnya rendah.

"Walaupun DPD RI tidak memiliki kewenangan penuh terhadap konteks regulasi, tetapi paling tidak kami bisa memberikan masukan atas aspirasi yang memang kami alami," ujar ayah dari anggota Fraksi Golkar DPRD Bali, Ni Putu Yuli Artini ini.

Selain itu dia juga menyatakan alasannya memilih maju lewat kursi DPD, padahal sebagai kader Golkar senior, Geredeg memiliki peluang untuk kembali tarung ke kursi legislatif DPR RI, seperti yang ia lakukan pada saat Pileg 2019 silam.

"Karena berdasarkan hati nurani dan saya meyakini rasanya ruang untuk bergerak tidak bergantungan dalam satu partai, makanya saya tekadkan untuk maju merebut kursi DPD," tandas mantan Ketua Golkar Karangasem ini. *aps

Komentar