nusabali

Bupati Tamba Jadi Kamabicab Pramuka Jembrana

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-jadi-kamabicab-pramuka-jembrana

NEGARA, NusaBali -  Bupati Jembrana I Nengah Tamba dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Jembrana masa bhakti 2021-2026. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin, ditandai penyematan tanda jabatan di Gedung Auditorium Kabupaten Jembrana, Sabtu (17/12). 

Dalam sambutannya, Bupati Tamba mengaku bersyukur acara pelantikan dapat terlaksana dengan baik. Terlebih acara pelantikan jajaran pengurus Kwartir Cabang Pramuka Jembrana ini sempat beberapa kali ditunda karena terbentur berbagai acara lain. "Saya bersyukur, setelah beberapa kali direncanakan, akhirnya di hari yang baik ini dapat dilaksanakan pelantikan. Terima kasih para pengurus telah menjalankan tugas dengan baik," ujarnya.

Bupati Tamba mengaku, dirinya memiliki gagasan untuk membangun bumi perkemahan di Jembrana. Bumi perkemahan yang digagasnya, itu seperti kawasan perkemahan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta. 

"Saya telah berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan memohon ke Pemprov Bali untuk pemanfaatan lahan hutan produksi seluas 50 hektare di depan Kawasan Mantu Cager (Manistutu Camping Ground di Desa Manistutu, Kecamatan Melaya). Kita mohon sebagai pusat persinggahan dan kawasan perkemahan untuk Pramuka. Seperti yang ada di Cibubur. Kita juga bisa memiliki Bumi Perkemahan di Jembrana," ucap Bupati Tamba.

Menurut Bupati Tamba, semangat anggota organisasi kepramukaan dalam mendidik generasi muda, sangat luar biasa. Dirinya pun meminta kepada para anggota Pramuka Kwartir Cabang Jembrana juga berkontribusi mewujudkan Jembrana Emas 2026 demi masyarakat Jembrana Bahagia.

"Adik-adik sekalian anggota Pramuka, dengan semangat kalian sambutlah tahun 2026 sebagai tahun emas Kabupaten Jembrana. Bantu pemerintah mewujudkan Jembrana Emas 2026. Kontribusi adik-adik akan menjadi contoh bagi generasi muda Jembrana untuk meningkatkan produktifitas, dan melaksanakan hal-hal yang positif. Utuk mewujudkan masyarakat Jembrana Bahagia," ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Sementara Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin mengucapkan terima kasih atas dedikasi jajaran pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Jembrana masa bhakti 2016-2021, dan mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus masa bhakti 2021-2026. Menurut Rentin, saat ini dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali telah melaksankan program digitalisasi database anggota Pramuka Bali melalui aplikasi siapsapa.id. Hal itu pun menjadi program yang mendapat apresiasi dari Kawartir Gerakan Pramuka Nasional.

"Seluruh anggota Kwarda Bali wajib terdaftar dalam aplikasi siapsapa.id. Sebagai acuan pelaporan potensi pramuka kepada Kwartir Nasional dan Pemerintah, yang akan menjadi persyaratan utama mengikuti kegiatan kepramukaan skala ranting, cabang dan nasional," ujar Rentin yang juga Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali ini.

Berkenan hal tersebut, Rentin pun meminta agar Kwarcab Gerakan Pramuka Jembrana dengan anggota sebanyak 8.150 orang, agar segera terdaftar dalam database untuk mendukung proses digitalisasi database anggota Pramuka di Jembrana. "Saya minta kepada Kwarcab Jembrana berserta jajaran untuk mengawal proses digitalisasi database anggota Pramuka. Sehingga dapat tuntas di Kabupaten Jembrana," pungkas Rentin. 7ode

Komentar