nusabali

Acara Melepas Matahari Libatkan 400-an Seniman

Akan Digelar di Catur Muka Denpasar

  • www.nusabali.com-acara-melepas-matahari-libatkan-400-an-seniman

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar akan menggelar acara melepas matahari tahun 2022 menjelang 2023.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di kawasan Catur Muka Denpasar, Sabtu (31/12). Acara melepas matahari ini akan melibatkan sekitar 400-an seniman Kota Denpasar.

Hal tersebut dikemukakan Kabag Humas dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, Senin (26/12). Menurutnya kegiatan melepas matahari ini akan digelar dengan pentas seni dan budaya yang akan dimulai pukul 17.30 Wita.

Tema yang diangkat pada pagelaran ini adalah ‘Mabesikan’ yang bermakna menghormati keragaman budaya dalam persatuan dan persaudaraan Denpasar menyongsong 2023. “Kegiatan ini melibatkan sanggar-sanggar yang ada di Kota Denpasar. Pada kesempatan ini akan ditampilkan kesenian tradisi,” kata Dewa Rai.

Acaranya akan dimulai dengan pelaksanaan inagurasi di kawasan Catur Muka. Setelah itu akan dilanjutkan dengan hiburan di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Lapangan Puputan Badung). Melepas matahari ini digelar kembali setelah terhenti selama dua tahun karena pandemi Covid-19.

Pelaksanaan sebelum Covid-19 biasanya dirangkaikan dengan penutupan Denpasar Festival (Denfest). Namun karena tahun ini Denfest digelar lebih awal, maka acara ini digelar dengan berdiri sendiri.

Dalam pementasan ini tak hanya melibatkan seniman dari Bali, namun juga seniman dari luar Bali yang berkegiatan di Denpasar, di antaranya Ikawangi (Ikatan Keluarga Banyuwangi) dan Minang Saiyo. *mis

Komentar