nusabali

Spaso Akui Kini Lebih Bugar

  • www.nusabali.com-spaso-akui-kini-lebih-bugar

MANGUPURA, NusaBali - Penyerang Bali United Ilija ‘Spaso’ Spasojevic sudah hampir dua pekan mengikuti latihan bersama Timnas Indonesia.

Spaso pun mengungkap ada banyak perubahan yang dialaminya di bawah arahan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Namun, dari banyak segi perubahan, striker Bali United mengungkap ada satu hal yang paling menonjol. Menurutnya, level kebugarannya kini menjadi jauh lebih baik.

"Banyak perubahan yang saya alami, tapi yang paling menonjol adalah level kebugaran saya jauh lebih bagus. Coach Shin Tae-yong banyak melakukan drill fisik," ujar pemain naturaslisasi berdarah Montenegro itu.

Eks pemain Persib Bandung mengungkap, fisiknya menjadi salah satu yang terbaik di antara pemain Timnas Indonesia. Hal itu diungkapkan berdasarkan beberapa kali tes fisik yang dilakukan.

“Posisi saya selalu di bagian atas list. Meski saya paling senior di sini, dan berumur 35 tahun, saya bisa bersaing dengan anak-anak muda," kata Spaso.

Ketika ditanya, apakah pelatih asal Korea Selatan lebih mengutamakan faktor fisik, Spaso mengiyakan hal tersebut. Menurutnya, fisik jadi modal penting utama untuk sistem bermain Coach Shin Tae-yong.

Ya, arsitek 52 tahun itu bermain dengan high-pressing dan selalu menuntut pemainnya untuk lari lebih banyak. Spaso sendiri mengikuti latihan bersama Timnas pada 30 November hingga  17 Desember 2022.

Pemusatan latihan berlangsung di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar, Bali. CT untuk persiapan tim Garuda Senior mengikuti turnamen Piala AFF.

Menanggapi kondisi Spaso, STY optimistis penyerangnya dapat memberi performa terbaiknya saat membela Skuad Garuda di Piala AFF 2022.

Dari pengamatan STY selama timnas senior menjalani TC di Bali, Spaso dinilai pelatih menunjukkan banyak perbaikan terutama dari fisik dan mental.

“Spaso pasti menunjukkan (performa) lebih baik dari Spaso yang dulu,” kata STY, di sela-sela latihan di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, Gianyar, Bali, Jumat (16/12).

Spaso menjadi satu dari lima striker Indonesia yang dipanggil STY untuk mengikuti pemusatan latihan di Bali sejak 28 November 2022. Selain Spaso, Skuad Garuda untuk Piala AFF 2022 juga diperkuat Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, dan Ramadhan Sananta. dek

Komentar