nusabali

Bukan Hanya Duel Messi vs Mbappe

Kawan Jadi Lawan di Laga Argentina - Prancis

  • www.nusabali.com-bukan-hanya-duel-messi-vs-mbappe

Selain Messi vs Mbappe, juga ada duel antara Lisandro Martinez (Prancis) dan Raphael Varane (Prancis). Mereka mitra tandem di lini pertahanan utama Manchester United (MU).

DOHA, NusaBali
‘Laga final Piala Dunia 2022 akan mempertemukan Argentina dan Prancis, di Al Bayt Stadium, Doha, Minggu (18/12) malam, pukul 23.00 WITA. Argentina ke final usai melibas Kroasia 3-0 di semifinal, sedangkan Prancis mendepak Maroko 2-0.

Kedua tim sama-sama mengoleksi dua gelar Piala Dunia sepanjang sejarah, artinya kemenangan di Al Bayt Stadium akan menambah koleksi trofi salah satu tim.

Menjelang duel sengit itu, ada sejumlah fakta unik, terutama menyangkut hubungan pertemanan antarpemain di level klub. Namun untuk laga final nanti, harus menjadi rival.

Selama ini yang dikenal dalam duel tersebut hanya antara bintang kedua tim, yakni Lionel Messi di kubu Argentina dan Kylian Mbappe di pihak Prancis. Messi akan memimpin Argentina dalam misinya menjuarai Piala Dunia 2022. Sedangkan Mbappe memiliki misi membuat Prancis mempertahankan trofi.

Baik Messi dan Mbappe adalah rekan setim di klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Mbappe jadi andalan Les Parisiens sejak 2017-2018, yang awalnya pinjaman dari AS Monaco.

Sedangkan Messi bergabung PSG dan jadi rekan Mbappe saat hengkang dari Barcelona pada musim panas 2021. Messi dan Mbappe menjadi kepingan senjata maut PSG dalam merebut berbagai gelar sejak musim lalu.

Selain Messi vs Mbappe, juga ada duel antara Lisandro Martinez (Prancis) dan Raphael Varane (Prancis). Mereka rekan setim di lini pertahanan utama klub Manchester United (MU) Inggris. Lisandro didatangkan MU pada musim panas lalu dari Ajax Amsterdam. Sedangkan Raphael sudah dua musim terakhir sejak digaet dari Real Madrid.

Duet Lisandro dan Varane cukup vital bagi lini pertahanan MU musim ini di bawah besutan Erik ten Hag. Namun pada malam di Doha, kedua pemain akan saling sikut jika sama-sama diturunkan di atas lapangan.

Lalu duel dua pemain Juventus, Angel Di Maria (Argentina) dan Adrien Rabiot (Prancis).  Sebenarnya ada satu pemain lagi dari Juventus yang membela Argentina yaitu gelandang Leandro Paredes. Pertemuan mereka dengan Rabiot untuk sementara harus menjadi rival demi kepentingan negara masing-masing.

Di Maria baru didatangkan Juventus pada musim panas 2022 dari PSG secara gratis. Sedangkan Rabiot berbaju Si Nyonya Tua sejak musim 2018 usai digaet dari PSG.

Duel lini tengah Argentina vs Prancis juga jadi panggung duo Atletico Madrid, yakni Rodrigo de Paul dan Antoine Griezmann. Keduanya sama-sama jadi pemain utama dan sulit tergantikan di masing-masing kubu. Keduanya mencatatkan enam caps alias sama-sama tidak pernah absen selama Piala Dunia 2022.

De Paul dan Griezmann juga menjadi andalan di klubnya Los Rojiblancos. Griezmann keluar masuk sebagai pemain pinjaman dari Barcelona sejak 2019, De Paul digaet Atletico dari Udinese musim panas lalu.

Lalu dua nama terakhir yang merupakan rekan satu tim di level klub namun harus bertempur jadi lawan di final Piala Dunia 2022. Yakni,  bek Cristian Romero (Argentina), dan kiper Hugo Lloris (Prancis). Keduanya sama-sama andalan Antonio Conte di Tottenham Hotspur Inggris. 

Lloris sudah sepuluh musim berseragam Spurs. Sedangkan Romero baru didatangkan dari Atalanta di musim panas lalu. Kali ini keduanya harus bertempur di atas lapangan demi trofi Piala Dunia 2022. *

Komentar