nusabali

AP I Layani 51 Reaktivasi dan Rute Baru pada Oktober–November 2022

  • www.nusabali.com-ap-i-layani-51-reaktivasi-dan-rute-baru-pada-oktober-november-2022

JAKARTA, NusaBali - PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat telah melayani sebanyak 51 reaktivasi rute dan pembukaan rute penerbangan baru pada periode Oktober-November 2022.

“Meneruskan catatan positif pada tahun 2022 ini, selama periode Oktober-November lalu kami kembali mencatat pertumbuhan rute penerbangan yang dilayani di bandara yang dikelola Angkasa Pura I, baik rute internasional maupun domestik,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi di Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Faik Fahmi menjelaskan, rincian dari 51 rute tersebut adalah 22 reaktivasi rute internasional, 8 reaktivasi rute domestik, dan 21 pembukaan rute baru domestik.

Selama Oktober, tercatat sebanyak 12 reaktivasi rute internasional, 8 reaktivasi rute domestik, dan 14 pembukaan rute baru domestik. Sedangkan pada November, terdapat sebanyak 10 reaktivasi rute internasional dan 7 pembukaan rute baru domestik.

“Menjelang periode libur Nataru di akhir tahun 2022 ini, tren pertumbuhan rute penerbangan ini tentunya merupakan salah satu indikator pertumbuhan penumpang di periode akhir tahun ini,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, selama periode Oktober-November 2022, bandara-bandara Angkasa Pura I yang melayani reaktivasi rute dan pembukaan rute baru adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 13 rute internasional dan 5 rute domestik, Bandara Internasional Jogjakarta dengan 3 rute internasional dan 8 rute domestik, Bandara Juanda Surabaya dengan 4 rute internasional dan 3 rute domestik, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 1 rute internasional dan 1 rute domestik, Bandara Internasional Lombok dengan 1 rute internasional dan 1 rute domestik, Bandara El Tari Kupang dengan 6 rute domestik, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 4 rute domestik, serta Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan 1 rute domestik.

“Pada periode ini, terdapat sebanyak 14 maskapai yang melakukan reaktivasi rute internasional, serta 6 maskapai penerbangan yang melakukan reaktivasi dan membuka rute baru domestik,” kata Faik Fahmi.

Untuk rute internasional, dalam periode Oktober-November hanya terdapat maskapai yang melakukan reaktivasi rute. Rinciannya adalah Indonesia AirAsia dengan 5 reaktivasi rute, Scoot dengan 3 reaktivasi rute, Malaysia Airlines dengan 2 reaktivasi rute, Singapore Airlines dengan 2 reaktivasi rute, serta Korean Air, EVA Air, AirAsia Malaysia, Batik Air, Batik Air Malaysia, Garuda Indonesia, Citilink, Jetstar Asia, AirAsia Xtra, dan Cathay Pacific masing-masing dengan 1 reaktivasi rute.

Untuk rute domestik, maskapai yang melakukan reaktivasi rute dan pembukaan rute baru adalah Super Air Jet dengan 12 pembukaan rute baru, Trans Nusa dengan 7 pembukaan rute baru, Citilink dengan 4 reaktivasi rute, Wings Air dengan 2 reaktivasi rute dan 1 pembukaan rute baru, Batik Air dengan 2 reaktivasi rute, dan Pelita Air Service dengan 1 pembukaan rute baru.

Dengan penambahan 51 rute pada periode Oktober-November 2022, Angkasa Pura I secara total telah melayani sebanyak 195 reaktivasi rute dan pembukaan rute baru sepanjang bulan Januari hingga November.

Jika dirinci, terdapat sebanyak 118 reaktivasi rute internasional dan 2 pembukaan rute baru internasional, serta 18 reaktivasi rute domestik dan 57 pembukaan rute baru domestik. *ant

Komentar