nusabali

Jalan Dipakai Parkir Truk, Polsek Mengwi Tegur Sopir

  • www.nusabali.com-jalan-dipakai-parkir-truk-polsek-mengwi-tegur-sopir

MANGUPURA, NusaBali.com – Jalan Terminal Tipe A Mengwi kerap kali dijadikan tempat pemberhentian kendaraan truk dan tonase. Situasi ini sering mengganggu arus lalu lintas.

Terlebih lagi menjelang perayaan Tahun Baru 2023, banyak kendaraan lalu lalang di kawasan jalan tersebut menuju terminal keberangkatan Angkutan Kota Antarprovinsi (AKAP) di dalam Terminal Tipe A Mengwi.

Ruas jalan yang tidak terlalu lebar, kemudian disesaki oleh truk jumbo di bahu jalan dapat menyebabkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

Oleh karena itu, Kepala Pos Pelayanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Terminal Mengwi, Iptu Dewa Putu Tasna Wideca, menegur sopir truk yang berhenti sembarangan di jalan vital.

“Ini sangat mengganggu. Apalagi menjelang pergantian tahun,” tegas Iptu Dewa di sela-sela mengendalikan petugas gabungan mengatur truk-truk tersebut pada Minggu (25/12/2022) siang.

Tindakan ini dilakukan, lantaran Iptu Dewa mengaku telah menerima keluhan dari masyarakat setempat dan pengguna jalan lain terhadap situasi jalan yang disesaki truk. Sebelum menegur dan langsung memerintahkan agar truk dipindahkan, Iptu Dewa menyebut sudah memberikan himbauan.

Truk yang terparkir di sembarang bahu jalan menuju Terminal Mengwi itu oleh petugas Posyan Nataru diarahkan ke kantong parkir di dalam terminal. Kata Iptu Dewa yang juga Kepala Unit Lantas Polsek Mengwi, langkah ini diambil demi mengantisipasi gangguan kamseltibcarlantas di jalan objek vital.

“Ini juga merupakan bentuk tindak lanjut kami terhadap informasi dari masyarakat yang melaporkan truk dan tonase kerap parkir di pinggir jalan,” tandas Iptu Dewa. *rat

Komentar