nusabali

Messi Tampil di Final, Barca Ikut Untung Besar

  • www.nusabali.com-messi-tampil-di-final-barca-ikut-untung-besar

DOHA, NusaBali - Lionel Messi memang meninggalkan Barcelona dan hijrah ke Paris Saint-Germain (PSG) sejak Agustus 2021. Namun, klub raksasa Spanyol itu masih meraup keuntungan dari La Pulga (julukan Messi). 

Dilaporkan The Sun pada Jumat (16/12), Barcelona akan menerima 3,88 juta euro (Rp64,5 miliar) setelah 23 pemain dan mantan pemain klub tersebut tampil di Piala Dunia, termasuk Messi. 

Sesuai kesepakatan dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA), FIFA harus membayar ke klub senilai 8.130 pounds (Rp 135,1 juta) per hari untuk setiap pemain yang dilepas klub ke Piala Dunia 2022 di Qatar.  

Namun, angka itu akan dibagi ke setiap klub yang diwakili masing-masing pemain antara Agustus 2020 dan saat ini. Dengan demikian, Barcelona berhak menerima sebagian uang yang diperoleh dari partisipasi Messi di Piala Dunia, yang akan berakhir di final pada Minggu (18/12).

Menurut perhitungan media Spanyol Mundo Deportivo, Barcelona akan mendapatkan sekitar 2.800 pounds per hari dari partisipasi Messi di Piala Dunia 2022. Mereka juga akan memperoleh bayaran penuh dari Jules Kounde dan Ousmane Dembele yang juga menembus final bersama Prancis. 

Pemain Barcelona lainnya yang tampil di Qatar adalah Memphis Depay, Frenkie de Jong, Robert Lewandowski, Ronald Araujo, Andreas Christensen, Marc-Andre ter Stegen, Eric Garcia, Sergio Busquets, Gavi, Alejandro Balde, Jordi Alba, Ansu Fati, Pedri, dan Raphinha.

Messi bukan satu-satunya mantan pemain Barcelona yang membuat klub La Liga itu meraup uang tunai dari keikutsertaannya di Piala Dunia. Yakni, Antoine Griezmann, yang kembali ke Atletico Madrid pada Agustus 2021, juga mencapai final bersama Prancis. Dani Alves dari Brasil juga menjadi bagian dari tim Xavi musim lalu.

Luuk de Jong, yang menghabiskan musim lalu dengan status pinjaman di Barcelona, adalah anggota skuad Belanda untuk Piala Dunia 2022. Lalu Martin Braithwaite dipanggil Denmark setelah merapat ke Camp Nou pada September.

Dua pemain terakhir yang menghasilkan uang bagi Barcelona adalah Sergino Dest (AS) dan Abde Ezzalzouli (Maroko), yang masing-masing dipinjamkan ke AC Milan dan Osasuna. *

Komentar