nusabali

1.800 Warga Jembrana Digelontor BLT DID

  • www.nusabali.com-1800-warga-jembrana-digelontor-blt-did

NEGARA, NusaBali - Bertalian diterimanya reward Dana Insentif Daerah (DID) Tahun Anggaran 2022, Pemkab Jembrana mengadakan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

BLT dana nilai bantuan sebesar Rp 450 ribu per penerima manfaat ini, dibagikan kepada sebanyak 1.800 warga Jembrana. Kepala Dinas Sosial Jembrana I Gusti Ketut Oka Parwata mengatakan, BLT DID ini diberikan warga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), namun belum pernah mendapat bantuan sosial (bansos) dari pemerintah. Para penerima bantuan itu, di antaranya ada lansia, disabilitas, perempuan rawan sosial ekonomi (PRSE), anak-anak, hingga individu masyarakat yang masuk data DTKS non bansos.

"Bantuan diberikan kepada 1.800 orang. Nilai bantuannya sebesar Rp 150 ribu  per bulan, selama tiga bulan periode Oktober-Desember 2022. Untuk pencairan langsung dicarikan sekalian Rp 450 ribu, dengan skema pencairan secara tunai," ujar Oka Parwata, di sela-sela acara penyerahan simbolis BLT DID di Balai Lingkungan Asri, Kelurahan Gilimanuk Kecamatan Melaya, Jembrana, Kamis (15/12).

Oka Parwata menjelaskan, untuk pencarian dana BLT DID ini, dilakukan di desa/kelurahan atau banjar/lingkungan di masing-masing wilayah penerima manfaat. Targetnya, dana BLT DID ini sudah tuntas dibagikan kepada para penerima manfaat sebelum tutup tahun 2022 ini.

"Jadwal pencairan BLT ini sudah kami kirimkan ke masing-masing Perbekel/Lurah, serta para Camat untuk mengawal proses pencairan pada wilayah masing-masing. Dan memastikan agar para penerima manfaat segera memanfaatkan bantuan tersebut secara optimal," ujar Oka Parwata.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat penyerahan simbolis BLT DID, Kamis kemarin, mengatakan, bantuan sosial tunai ini  merupakan salah satu model dan strategi dalam memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat prasejahtera di Jembrana. Bantuan ini pun diarahkan untuk terciptanya ketahanan daya beli masyarakat prasejahtera di tengah guncangan ekonomi global.

Bupati Tamba menekankan kepada Dinas Sosial serta para camat untuk memfasilitasi dan mengawal proses pencairan bantuan ini. Agar dapat berjalan lancar dan tuntas sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. "Saya juga berterimakasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat. Sehingga BLT ini memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat prasejahtera, ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan," ujar bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Kepada para penerima manfaat, Bupati Tamba juga berpesan agar memanfaatkan BLT ini dengan sebaik-baiknya. "Saya sangat berharap, mudah-mudahan agar bantuan sosial tunai ini dapat bermanfaat bagi saudara sekalian. Sehingga Masyarakat Jembrana nantinya dapat mempersiapkan diri menuju Jembrana Emas 2026," ucap Bupati Tamba. *ode

Komentar