nusabali

223 Ribu Pelajar Ikuti Ajang Prestasi Nasional dan Dunia

Mendikbudristek: Manajemen Talenta Jadi Prioritas Merdeka Belajar

  • www.nusabali.com-223-ribu-pelajar-ikuti-ajang-prestasi-nasional-dan-dunia

JAKARTA, NusaBali
Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), menggelar Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra tahun 2022 mengusung tema “Talenta Berprestasi, Inspirasi Negeri”.

Hingga saat ini tercatat 233 ribu pelajar Indonesia yang terlibat dalam 42 ajang prestasi di tingkat nasional dan 19 ajang prestasi tingkat dunia yang dilaksanakan oleh Puspresnas dan BPTI.

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, mengapreasiasi para talenta berprestasi dan semua pihak yang telah mendukung manajemen talenta. “Terima kasih kepada semua pelajar berbakat di Indonesia atas semangatnya untuk terus berkarya dan berprestasi. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada mitra-mitra Puspresnas dan BPTI, serta semua pihak yang terus mendukung upaya manajemen talenta yang saat ini menjadi salah satu prioritas gerakan Merdeka Belajar,” disampaikan Mendikbudristek dalam acara Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra tahun 2022, di Kantor Kemendikbudrsitek, Jakarta, Selasa (20/12).

Lebih lanjut, Nadiem mengungkapkan banyak perlombaan atau turnamen yang menjadi kesempatan bagi para pelajar untuk menumbuhkan bakatnya. Namun, belum didukung program-program yang bertujuan memastikan pengembangan bakat secara berkelanjutan. Oleh karena itu, Kemendikbudristek membentuk Puspresnas sebagai unit kerja yang fungsinya berfokus pada manajemen talenta.

Selama tiga tahun terakhir Puspresnas telah menjalankan program Ajang Berprestasi dan Ajang Talenta mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi. “Banyak bidang yang bisa dipilih sesuai dengan bakat dan minat masing-masing anak, sehingga para pelajar Indonesia saat ini lebih merdeka dalam berkarya dan berprestasi,” kata Mendikbudristek.

Sampai hari ini, lanjut Mendikbudristek, tercatat sudah ada lebih dari 233 ribu pelajar di seluruh Indonesia yang terlibat dalam 42 ajang prestasi di tingkat nasional dan 19 ajang prestasi tingkat dunia yang dilaksanakan oleh Puspresnas dan BPTI. “Benar-benar luar biasa, dan yang lebih hebat lagi adik-adik kita yang berprestasi ini terus mendapatkan pembinaan dari Puspresnas, sehingga dapat terus mendapatkan informasi terkait perlombaan yang akan datang serta terkoneksi dengan rekan sesama pelajar berprestasi di seluruh penjuru Nusantara untuk saling menyemangati,” kata Nadiem.

Dalam pelaksanaan kegiatan perlombaan, Kemendikbudristek berkolaborasi dengan berbagai pihak mulai dari dinas pendidikan, sekolah dan perguruan tinggi, serta organisasi mitra. “Kolaborasi ini menandakan semangat bersama kita untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan prestasi anak Indonesia,” jelas Mendikbudristek.

Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra tahun 2022 diselenggarakan secara hibrida, diikuti oleh 100 orang peserta secara luring dan hampir 15.000 orang secara daring. Peserta hadir secara luring terdiri dari  talenta berprestasi peraih medali emas di seluruh jenjang dan bidang prestasi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, turut hadir beberapa kepala dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/ kota yang berprestasi, perguruan tinggi yang berprestasi dan telah menjadi tuan rumah ajang talenta tahun 2022, perwakilan pembina/ juri ajang talenta, para mitra, dan media massa. Perwakilan komunitas para alumni ajang talenta juga hadir guna menjalin kolaborasi penggerak prestasi. *

Komentar