nusabali

Klub Diingatkan Hati-hati Kontrak Ronaldo

Al Nassr dan Arab Saudi Akan Jadikan CR7 Brand Ambassador

  • www.nusabali.com-klub-diingatkan-hati-hati-kontrak-ronaldo

ROMA, NusaBali
Kritik keras dilayangkan pelatih legendari asal Italia, Fabio Capello, kepada Cristiano Ronaldo.

Di balik karier gemilang Ronaldo, Capello menilai kapten Timnas Portugal itu sosok yang arogan dan menyulitkan bagi tim dimana dia berada. "Ronaldo telah menghancurkan dirinya sendiri dan untuk apa yang sudah dia gapai sepanjang karier, itu menjadi memalukan," kata Capello, kepada Football Italia, Minggu (25/12) Wita.

"Sebagai seorang pemain, Ronaldo sungguh luar biasa, tetapi dia arogan. Ronaldo membuat dirinya sulit menemukan klub yang akan percaya padanya. Ronaldo menjadi agak merepotkan bagi sebuah tim," kata mantan pelatih Timnas Inggris itu.

Ronaldo sedang dalam situasi pelik dalam tiga bulan terakhir. Dimulai dari performa inkonsisten bersama Manchester United (MU), Ronaldo akhirnya membuat heboh usai wawancara dengan Piers Morgan dirilis.

Selanjutnya, MU dan Ronaldo sepakat berpisah. Lalu Ronaldo mengalihkan fokus ke Piala Dunia 2022. Namun hasil yang diraih Portugal jauh dari harapan. Mereka kandas di babak delapan besar.

Kegagalan Portugal diwarnai dengan cerita soal Ronaldo. Sang top skor sepanjang masa itu dicadangkan pada dua laga fase gugur dan sempat merah-marah pada duel lawan Korea Selatan.

Kini Ronaldo berstatus tanpa klub. Jika merujuk beberapa laporan, tidak banyak klub top Eropa yang tertarik pada jasa Ronaldo. Tawaran paling serius untuk Ronaldo justru datang dari klub Arab Saudi, Al Nassr.

Ronaldo sendiri belum membuat keputusan akhir soal masa depannya. Tawaran dari Al Nassr ada di atas meja. Hanya saja, Ronaldo dilaporkan masih berharap mendapatkan solusi lain dan tetap bermain di Eropa.

Namun kepindahan Ronaldo ke Al-Nassr kini tampaknya kian dekat. Klub Arab Saudi itu menjadikan CR7 bergelimang harta. Al-Nassr siap membuka buku cek dan menawarkan nilai yang belum pernah terlihat sebelumnya dalam olahraga. Yakni, senilai 1 miliar poundsterling dalam kontrak tujuh tahun di Arab Saudi.

Daya tarik komersial Ronaldo tetap besar meski penampilannya di lapangan belakangan ini menurun. Al Nassr kabarnya mengontrak CR7 selama 2,5 tahun. Setelah itu, dia jadi brand ambassador sepak bola negara itu.

Pemenang Ballon d'Or lima kali akan menandatangani kontrak 175 juta poundsterling per tahun, sesuai laporan media Spanyol. Di MU, Ronaldo adalah pemain dengan bayaran tertinggi di Liga Inggris, tetapi penghasilan tahunannya lebih dari 26 juta poundsterling.

Menteri Olahraga Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal, telah membicarakan langkah untuk Ronaldo. Menurutnya, siapa pun ingin Ronaldo dan Messi bermain di liga negara mereka.  Ronaldo dan Messi adalah panutan bagi banyak pemain.

“Saya ingin melihat mereka berdua bermain di Liga Saudi karena itu akan memperkuat program yang kami lakukan, itu akan menunjukkan liga yang kuat," kata Abdulaziz bin Turki Al-Faisal.

Impian besar Arab Saudi adalah mengikuti jejak Qatar dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia. Saudi mengincar Piala Dunia 2030 bersama Yunani dan Mesir.

"Jelas ketiga negara akan berinvestasi besar-besaran dalam infrastruktur dan pasti akan siap. Dan saya tahu pada saat itu Arab Saudi akan membangun stadion dan zona penggemar yang canggih," kata Menteri Pariwisata Arab Saudi, Ahmed Al Khateeb.

Cristiano Ronaldo akan menjadi bagian dari proyek itu. CR7 akan didapuk sebagai ambassador untuk sepak bola dan pariwisata Arab Saudi. *

Komentar