nusabali

Karangasem Kreatif Festival Pamerkan Minuman Lidah Buaya

  • www.nusabali.com-karangasem-kreatif-festival-pamerkan-minuman-lidah-buaya

AMLAPURA, NusaBali.
Event Karangasem Kreatif Festival  (KF) 2022 diisi pameran UMKM. Salah satunya yang menarik perhatian  yakni stand minuman lidah buaya.

Kemasan minuman ini per botol 250 ml. Hanya saja belum ada izin edar dari BPOM dan izin Depkes. Minuman ini hanya mengantongi NIB (nomor izin berusaha). Pameran ini gagasan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karangasem di Objek Wisata Taman Sukasada Ujung, Banjar Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Minggu (25/12).

Minuman lidah buaya menyajikan tiga rasa yakni rasa melon, leci, dan teti fruti, dijual per botol Rp 10.000. Pemilik stand minuman Ni Ketut Nonik mengatakan, produksinya masih tradisional. "Saya yang memproduksi bersama keluarga, belum punya karyawan, per minggu mampu berproduksi 100 botol," jelas perajin dari Banjar Palak, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem ini.

Minuman ini diberi nama Nita Aloevera, dirintis sejak tahun lalu. Awalnya sang suami, Kadek Suta Negara yang merintis, kebetulan di belakang rumahnya memiliki kebun lidah buaya, sehingga tidak perlu membeli bahan baku. Ni Ketut Nonik mengaku ada rencana melakukan uji lab, lanjut mengurus izin Depkes RI dan BPOM. "Hanya saja, omzetnya  belum memadai, upaya itu saya tunda," tambahnya.

Banyak pengunjung yang datang, kebanyakan pengunjung menyukai minuman rasa melon, warna hijau muda di dalamnya berisi jeli. "Saya suka minuman melon itu, rasanya segar," jelas I Nengah Sudana, salah satu pengunjung.

Sudana menyebutkan banyak kegunaan lida buaya, di antaranya, mengatasi kulit kering, menghilangkan jerawat, membersihkan make up, mengatasi mata bengkak, mempercepat penyembuhan luka, meredakan gatal dan ruam kronis, menurunkan kadar gula, melancarkan buang air besar dan lain-lain

Kadis Budpar Karangasem I Wayan Astika memaparkan event tersebut terselenggara bersinergi dengan KOREK (Komunitas Ekonomi Kreatif) Karangasem, sebagai ajang promosi pariwisata dan hasil ekonomi kreatif di Karangasem. Kegiatan ini diisi acara, lomba mixologi arak, lomba jugling, fashien show endek, yoga, lomba modern dance, tari nusantara, penampilan band indie, lomba mewarnai, dan kenaikan tingkat para penari dari Sanggar Surya Candra.*k16

Komentar