nusabali

Cuaca Ekstrem, BPBD Evakuasi 12 Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-cuaca-ekstrem-bpbd-evakuasi-12-pohon-tumbang

GIANYAR, NusaBali
Cuaca ekstrem menyebabkan pohon tumbang di sejumlah titik di Kabupaten Gianyar.

BPBD Gianyar dalam semalam berjibaku menangani 12 pohon tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. BPBD Gianyar mengimbau masyarakat menghindari pantai dan daerah yang banyak pepohonan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Presasta mengatakan, laporan kejadian telah ditangani. Mulai dari pohon perindang tumbang menutup akses jalan di Banjar Pande, tepatnya di sebelah selatan SMA Negeri 1 Blahbatuh. “Kejadian ini akibat angin kencang. Nihil korban jiwa dan kerugian,” ujar Ngurah Dibya, Minggu (25/12).

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Raya Kebo Iwa, Gianyar yang mengakibatkan akses jalan tertutup. “Beberapa kejadian saat ini didominasi akibat angin kencang,” ujarnya. Ngurah Dibya memprediksi angin kencang akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. Karena itu, pihaknya meminta masyarakat untuk sementara waktu tak mandi atau beraktivitas di pantai kawasan Gianyar. Sebab, pantai Gianyar masuk pada pantai selatan, sehingga gelombangnya cukup ganas dan tinggi. “Kami imbau untuk beberapa waktu ke depan untuk menghindari pantai,” ujar Ngurah Dibya.

Menurut Ngurah Dibya, kawasan yang terdapat banyak pohon besar juga harus dihindari. Sebab angin kencang dan rawan pohon tumbang. “Dalam kondisi seperti ini, pantai dan kawasan yang banyak pohon harus sama-sama waspadai. Jika memungkinkan, kurangi dulu aktivitas di luar rumah untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan," saran Ngurah Dibya. *nvi

Komentar