nusabali

617 Ikan Cupang Bertarung di 41 Kategori Bali Betta Competition

  • www.nusabali.com-617-ikan-cupang-bertarung-di-41-kategori-bali-betta-competition

MANGUPURA, NusaBali.com – Penggemar ikan cupang kembali bergairah di perhelatan kontes Bali Betta Final Battle dalam Betta Competition 2022 di Wantilan Pura Lingga Bhuana, Puspem Badung pada Minggu (25/12/2022).

Betta Competition ini menjadi ajang kedua berbasis nilai kreatif perikanan pasca Mangupura Koi Festival yang digelar pada November lalu di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.

Agung Dwiki selaku Ketua Panitia Betta Competition 2022 menjelaskan bahwa terdapat sedikitnya 617 ekor ikan cupang berbagai jenis yang berpartisipasi. Pecinta ikan cupang dari Bali Betta Lovers ini menyebutkan ratusan ikan cupang yang terlibat dinilai secara adil oleh dewan juri yang khusus didatangkan dari Jakarta.

“Hari ini merupakan final battle dari 617 ekor ikan cupang yang berpartisipasi dalam Betta Competition. Para peserta memperebutkan gelar juara di 41 kategori,” tutur Agung Dwiki di sela-sela mengatur kegiatan.

Agung Dwiki membeberkan bahwa Betta Competition ini bertujuan untuk semakin mengenalkan ikan hias air tawar endemik tanah air. Selain itu, Betta Competition juga diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai perawatan ikan hias khususnya ikan cupang yang pada prinsipnya tidak memerlukan perawatan istimewa.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung, I Nyoman Suardana, selaku fasilitator tempat penyelenggaraan membuka kontes bagi pencita ikan cupang se-Bali ini. Suardana mendukung agar Betta Competition diadakan secara berkelanjutan di Puspem Badung.

Namun, Suardana menyarankan agar perhelatan selanjutnya dapat dirangkaian dengan gelaran HUT Ke-14 Kota Mangupura pada tahun depan. Oleh karena itu, masyarakat yang sudah mengenal ikan cupang namun masih kurang awam tentang cara perawatannya bisa teredukasi.

“Dengan ini masyarakat dapat lebih mengenal ikan cupang hias dan peminatnya bisa semakin banyak,” kata Suardana ketika membuka Betta Competition.

Kata Suardana, apabila peminatnya semakin banyak demikian pula dalam minat memelihara, maka usaha pembudidayaannya pun berdampak positif. Selain itu, nilai jual ikan cupang hias ini diyakini bisa melejit. *rat

Komentar