nusabali

RSU Negara Launching Klinik Kesehatan Tradisional

  • www.nusabali.com-rsu-negara-launching-klinik-kesehatan-tradisional

Klinik Kesehatan Tradisional juga menyediakan fasilitas yoga, ruang meditasi dan berbagai produk jamu.

NEGARA, NusaBali
Fasilitas di RSU Negara, Jembrana, kini dilengkapi Klinik Kesehatan Tradisional Integrasi. Kehadiran layanan kesehatan tradisional, ini diresmikan Bupati Jembrana I Nengah Tamba bertepatan dengan HUT ke-88 RSU Negara, Kamis (15/12).

Direktur RSU Negara dr Ni Putu Eka Indrawati menjelaskan, terdapat empat layanan kesehatan di Klinik Kesehatan Tradisional Integrasi ini. Diantaranya akupunktur, akupresur, hipnoterapi dan wellness. Dalam menyediakan sejumlah layanan ini, sudah tersedia enam orang tenaga yang sudah tersertifikasi.

"Untuk akupuntur, memang khusus kuliahnya D4 Akupunktur. Juga ada perawat yang bertugas untuk akupresur. Kemudian ada wellness. Jadi untuk kebugaran (wellness), kami juga melayani baby spa (spa bayi) oleh bidan yang berkompetensi," ujar dr Eka.

Di samping menyedikan empat layanan tersebut, Eka Indrawati mengatakan, di Klinik Kesehatan Tradisional Integrasi ini juga ada fasilitas yoga. Baik yoga untuk ibu hamil dan ataupun yoga untuk masyarakat umum. Selanjutnya, juga disediakan ruang meditasi dan ada pojok jamu.

"Di Pojok Jamu itu, kami juga mewadahi UMKM yang ada di Kabupaten Jembrana. Seperti ada black garlic, loloh cemcem, serbuk daun kelor, dan lainnya," ucap Eka Indrawati.

Seiring bertambahnya usia RSU Negara yang telah memasuki HUT ke-88, Eka Indrawati mengaku, memiliki sejumlah target untuk peningkatan layanan ke depan. Di antaranya meningkatkan kepuasan pasien, peningkatan mutu rumah sakit, dan target memiliki layanan pemeriksaan CT Scan.

"Kami sudah berproses (untuk menyediakan layanan pemeriksaan CT Scan). Mudah-mudahan Desember ini tercapai karena kirimannya dari luar negeri. Itu target kami ke depan," ujar Eka Indrawati.

Sementara Bupati Tamba mengatakan, menyambut baik adanya Klinik Kesehatan Tradisional Integrasi di RSU Negara ini. Menurutnya, hal ini pun sesuai dengan komitmen menjalankan Peraturan Gubernur Bali Nomor 55 Tahun 2019 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Bali.

"Kita mentaati dan menerjemahkan Pergub Nomor 55 Tahun 2019. Hari ini kita launching, melengkapi kelengkapan dari pada fungsi Rumah Sakit Umum Negara. Jadi pelayanan alternatif, ada pelayanan modern juga ada. Apa yang semestinya ada di rumah sakit itu hari ini sudah kita lengkapi," ujar Bupati Tamba didampingi Wabup Jembrana I Gede Patriana Krisna (Ipat).

Selain berbagai layanan yang sudah tersedia saat ini, Bupati Tamba mengaku, akan berupaya melengkapi Klinik Kesehatan Tradisional Integrasi RSU Negara ini dengan pelayanan usadha (pengobatan tradisional Bali). "Ke depan kita coba kolaborasi dengan teman-teman yang sudah mampu menciptakan obat-obat herbal atau pelayanan usadha. Nanti kita coba jajaki dari yayasan atau komunitas praktisi usadha," ucap Bupati Tamba.

Di usia RSU Negara ke-88 ini, Bupati Tamba berharap, pelayanan serta fasilitas RSU Negara yang sudah baik, ke depan tetap harus ditingkatkan. Terutama untuk melayani masyarakat Jembrana.

"Kita lihat dari sisi pelayanan, fasilitas kita ini sudah baik. Kita punya ruangan yang cukup bagus, bersih, dokter kita bagus dan perawat-perawat kita ramah-ramah. Tapi ke depan tetap harus ditingkatkan, karena sudah usia 88 tahun," ucap Bupati Tamba. *ode

Komentar