nusabali

Banser Ikut Amankan Misa Natal di Badung

  • www.nusabali.com-banser-ikut-amankan-misa-natal-di-badung

MANGUPURA, NusaBali.com - Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Badung ikut mengamankan ibadah Misa Natal pada Sabtu (24/12/2022) malam sebagai bentuk sinergitas dan toleransi beragama.

Banser melengkapi giat pengamanan perayaan Natal oleh petugas gabungan dari instansi terkait seperti TNI, Polri, Satpol PP, dan instansi pemerintah maupun adat lainnya. Dari giat pengamanan bersama ini menunjukkan bentuk sinergitas pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, juga bentuk toleransi antarumat beragama.

Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes mengungkapkan bahwa dalam pengamanan perayaan Natal, sinergitas berbagai pihak sangat diperlukan. Oleh karena itu selain lembaga struktural di Forkopimda Badung, satuan lain seperti Banser, satuan pengamanan gereja, dan pecalang pun dilibatkan dalam pengamanan perayaan Natal.

“Pengamanan ibadah malam Natal yang melibatkan Banser tersebar di beberapa titik gereja di Kecamatan Kuta Utara dan Mengwi,” ujar AKBP Leo di sela-sela peninjauan beberapa titik perayaan Natal bersama Forkopimda Badung pada Sabtu sore.

Dari dua kecamatan tersebut, terdapat sekitar 7 gereja yang melibatkan pengamanan oleh sayap paramiliter dari badan otonom Nahdlatul Ulama, GP Ansor ini. Sebanyak 4titik berada di Kuta Utara, sisanya berada di wilayah Mengwi.

Di Kecamatan Kuta Utara, Banser terlibat dalam pengamanan di dua desa yakni Dalung dan Tibubeneng. Di Dalung sendiri terdapat titik pengamanan yang melibatkan Banser yakni di GKPB Betlehem Untal-Untal, GKPB Jemaat Gabriel Pegending, dan GKPB Jemaat Yudea Padang Luwih. Sedangkan di wilayah Tibubeneng, terdapat di Gereja Katolik Paroki Santo Paulus Kulibul.

Tidak jauh dari Dalung yakni Buduk dan Abianbase di Kecamatan Mengwi, terdapat tiga titik pengamanan lain. GKPB Jemaat Efrata di Buduk, kemudian Gereja Katolik Kristus Raja dan GKPB Galang Ning Hyang di Abianbase.

“Pengamanan titik ibadah malam Natal bersama Banser ini merupakan bentuk toleransi dan kebersamaan antarumat beragama di wilayah hukum Polres Badung,” tandas orang nomor satu di jajaran Polres Badung yang juga seorang Nasrani. *rat

Komentar