nusabali

Komunitas Cinta Anak Cinta Buku Launching Buku 'Bangkit!'

  • www.nusabali.com-komunitas-cinta-anak-cinta-buku-launching-buku-bangkit

DENPASAR, NusaBali.com - Komunitas Cinta Anak Cinta Buku melaunching buku 'Bangkit !' yang berisi cerita-cerita pendek (cerpen) untuk anak-anak pada Sabtu (24/12/2022) malam, di Atrium Plaza Renon, Denpasar.

Hal ini dilakukan sebagai apresiasi terhadap perkembangan para penulis pemula di Bali, dimana melalui buku tersebut para penulis cerpen dapat menuangkan karya-karyanya.

"Buku 'Bangkit!' ini berawal dari lomba penulisan cerpen yang dilakukan komunitas, dari sana diseleksi lalu diediting naskah yang masuk, dan didapatkan 10 naskah cerita terbaik untuk diterbitkan," ungkap tim editor buku 'Bangkit!' Ni Luh Wanda Putri Pradanti.

Menurut Wanda, kesepuluh naskah terbaik itu kesemuanya bercerita tentang kisah-kisah pendek untuk anak, yang bertujuan untuk menambah literasi bahan bacaan yang berkualitas.

"Bahkan dari kesepuluh penulis yang berkarya di buku ini, ada dua orang yang masih berusia remaja ikut berpartisipasi, dan diharapkan menjadi wadah penyaluran bakat-bakat mereka dalam dunia penulisan," ungkap Wanda.

Adapun cerita khas anak yang terangkum didalam buku tersebut, beberapa diantaranya berjudul 'Lanus Si Penari Sejati' karya Putu Ayu Eka Arseni, lalu 'Ada Apa dengan Tuna dan Pantai ?' oleh Ni Made Rusmala Dewi, hingga 'Petualangan Sang Rubah' karya Putu Nandary Sesana.

"Rata-rata penulis yang menuangkan karyanya di buku ini memiliki beragam profesi, ada yang berprofesi guru ataupun karyawan swasta, tetapi kesemuanya memiliki keinginan sama agar anak-anak memiliki kesukaan akan cerita yang baik pada dunianya," tutur wanita yang berprofesi sebagai guru di SMPN 3 Banjar, Kabupaten Buleleng.

Lebih lanjut pendiri komunitas menulis
Cinta Anak Cinta Buku, Gusti Made Dwi Guna menambahkan sejak didirikan empat tahun lalu, komunitas yang didirikannya telah meluncurkan tiga buah buku.

Mulai dari buku pertama 'Kebaikan Oleh Semua', lalu buku kedua 'Rimba Cerita' dan buku ketiganya yang dipublikasikan hari ini yaitu 'Bangkit!'.

"Di setiap launching buku, kita selalu buatkan event untuk menghargai para penulis yang telah menuangkan karyanya. Seperti hari ini, bersamaan dengan peluncuran buku, kita adakan event yang bekerjasama dengan komunitas pendongeng," terang Made Dwi.

Melalui kehadiran para pendongeng ini, dimana kelima orang pendongeng sangat antusias bercerita tentang kisah-kisah beragam yang seru, turut menambah kesemarakan di area atrium Mall Plaza Renon.

Terlihat puluhan anak-anak turut hadir untuk mendengarkan dengan penuh riang gembira cerita-cerita dongeng yang dibawakan oleh kak Mario, kak Krisna, kak Gus Bao, kak Cakra dan kak Wanda ini.

Melihat keseruan tersebut, Marketing Communication Plaza Renon Desak Ketut Putri Handayani mengapresiasi suksesnya kerja sama antara Komunitas Cinta Anak Cinta Buku dengan mall yang beralamat di Jalan Raya Puputan 210, Renon, Denpasar.

"Apalagi ini merupakan event pamungkas yang diadakan Plaza Renon di tahun 2022," ungkap Putri.

Lebih lanjut dia mengatakan di tahun 2023 mendatang akan ada lebih banyak lagi event-event menarik yang akan diselenggarakan, sebagai salah satu daya tarik tempat rekreasi warga kota Denpasar.

"Seperti Pi-aR Fest yang rencananya diadakan di parkir barat Plaza Renon pada Juni 2023 mendatang, event ini akan menjadi yang pertama dan terbesar diadakan dengan mengusung konsep festival clothing, musik dan kuliner," jelas Putri.

Selain itu Putri yang juga mantan jurnalis ini mengatakan, event-event reguler lainnya yang selalu memberikan dampak positif terhadap peningkatan pengunjung tetap akan dipentaskan.

"Semisal Halloween dan beberapa event unik akan terus kami adakan dengan penampilan baru yang menyegarkan," tandas wanita asal Kabupaten Klungkung tersebut. *aps

Komentar