nusabali

Jembatan Penghubung di Pelabuhan Banjar Nyuh, Nusa Penida Ambruk

Puluhan Penumpang Boat Tercebur ke Laut

  • www.nusabali.com-jembatan-penghubung-di-pelabuhan-banjar-nyuh-nusa-penida-ambruk
  • www.nusabali.com-jembatan-penghubung-di-pelabuhan-banjar-nyuh-nusa-penida-ambruk

Saat itu sebanyak 35 orang penumpang yang sebagian besar wisatawan asing hendak berangkat dari Pelabuhan Banjar Nyuh, Nusa Penida, menuju Pelabuhan Sanur, Denpasar.

SEMARAPURA, NusaBali
Sebuah jembatan penghubung dermaga ke sebuah ponton fastboat (kapal cepat) di Pelabuhan Banjar Nyuh, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, tiba-tiba ambruk hingga menyebabkan puluhan penumpang jatuh ke laut, Kamis (15/12) sore. Bahkan, beredar video kepanikan para penumpang saat jembatan itu ambruk.

Beberapa penumpang yang jatuh ke laut berusaha menjangkau kapal cepat yang terparkir di sekitar pelabuhan dan ponton. Sedangkan, beberapa penumpang lainnya diselamatkan oleh warga sekitar. Mereka dilempar jaket pelampung agar tidak sampai tenggelam. Meskipun demikian tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, beberapa penumpang hanya mengalami luka lecet dan sejumlah handphone (H) rusak akibat terkena air laut. Informasi di lapangan, musibah ini terjadi pada, Kamis (15/12) sore sekitar pukul 16.45 Wita.

Ketika itu sebanyak 35 orang penumpang yang sebagian besar wisatawan asing hendak berangkat dari Pelabuhan Banjar Nyuh, Nusa Penida, menuju Pelabuhan Sanur, Kota Denpasar. Kemudian terjadi antrean di atas jembatan menuju ponton sehingga diduga menyebabkan kelebihan muatan. Karena jembatan tidak kuat lagi menahan beban, maka langsung ambruk. Seketika puluhan penumpang terjatuh ke laut, mereka berusaha menyelamatkan diri dengan berenang menjangkau ponton. Selain itu petugas dan warga sekitar juga berusaha memberikan pertolongan. Akhirnya semua penumpang berhasil selamat.

Kasi Humas Polres Klungkung, Iptu Agus Widiono mengatakan ambruknya jembatan menuju ponton tersebut karena sekitar 35 orang penumpang mencoba melintasi jembatan penghubung secara bersamaan, dengan kontur jembatan yang tidak memungkinkan untuk dilintasi sebanyak itu. "Sehingga menyebabkan jembatan ambruk dan penumpang berjatuhan ke laut yang menyebabkan kepanikan dan beberapa penumpang mengalami luka ringan," kata Iptu Widiono.

Camat  Nusa Penida, I Komang Widyasa Putra mengatakan diduga jembatan kelebihan muatan, sehingga beban terlalu berat. Sementara tangga penghubung tidak kuat untuk menahan beban. "Informasinya beberapa penumpang mengalami kerugian kehilangan HP dan HP mengalami kerusakan," kata Widyasa Putra. Setelah semua penumpang berhasil dievakuasi keberangkatan para penumpang kembali dilanjutkan menggunakan speedboat menuju ke Pelabuhan Sanur. Kadishub Klungkung, I Nyoman Sucitra mengaku baru mendapatkan informasi kejadian tersebut, hanya saja dirinya tidak bisa banyak berkomentar. "Itu dikelola langsung dari pusat," kata Sucitra.

Untuk diketahui, di Nusa Penida terdapat beberapa pelabuhan fastboat atau kapal cepat, yakni Pelabuhan Sampalan, Buyuk, Banjar Nyuh, Kampung Toyapakeh, Pelabuhan Jungutbatu dan Pelabuhan Bias Munjul di Ceningan.  Sedangkan pelabuhan untuk kapal jenis RoRo ada di Mentigi.

Pelabuhan Banjar Nyuh sendiri terletak di wilayah Nusa Penida bagian Barat. Rute tour searah ke bagian barat adalah tujuan tour populer bagi wisatawan yang menawarkan sejumlah tempat wisata favorit seperti objek wisata Pantai Kelingking, Broken Beach, Angel’s Bilabong dan Crystal Bay.

Pelabuhan atau dermaga Banjar Nyuh, berada diantara Pelabuhan Toya Pakeh dan Buyuk, berdekatan dengan Pulau Nusa Ceningan, Nusa Lembongan dan juga Pulau Bali. Jika naik speed boat atau fast boat dari Sanur, butuh waktu tempuh sekitar 30 menit untuk sampai Pelabuhan Banjar Nyuh di Nusa Penida. *wan

Komentar