nusabali

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di Bali Hingga 26 Desember 2022

  • www.nusabali.com-bmkg-ingatkan-potensi-hujan-lebat-di-bali-hingga-26-desember-2022

DENPASAR, NusaBali.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mengimbau masyarakat waspada terhadap dampak dari cuaca ekstrem seperti banjir, longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat petir, yang berpotensi terjadi selama libur Natal.

“Imbauan BMKG kepada masyarakat, antara lain agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat/petir,” kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho, Sabtu (24/12/2022).

Pasalnya, BMKG memprediksi sebagian besar wilayah Bali berpotensi hujan ringan dan hujan lebat disertai angin bertiup dari arah barat daya ke barat laut dengan kecepatan berkisar 10–50 kilometer per jam.

Oleh karena itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk masyarakat mengingat adanya potensi hujan lebat disertai petir/kilat di sebagian besar wilayah Bali pada 24–26 Desember 2022.

Ia juga meminta masyarakat terutama para nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari agar mewaspadai tinggi gelombang laut yang berpotensi mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan utara dan selatan Bali.

“Waspada potensi angin kencang dan tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok, perairan selatan Bali, dan Samudera Hindia di selatan Bali,” kata Cahyo.

BMKG memprediksi cuaca secara umum di Bali berawan, tetapi di sebagian besar wilayah berpotensi hujan ringan dan hujan lebat.

Kemudian, angin bertiup dari barat daya ke arah barat laut dengan kecepatan berkisar 10–50 km/jam. Terakhir, tinggi gelombang laut di perairan utara Bali selama 24–26 Desember diprediksi mencapai 0,5 meter sampai 3 meter, di perairan selatan Bali 1–3 meter, di Selat Bali 0,5–4 meter, dan di Selat Lombok 0,5–4 meter. *ant


Komentar