nusabali

Pemkab Bangli Nangluk Merana di Catus Pata

  • www.nusabali.com-pemkab-bangli-nangluk-merana-di-catus-pata

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli melaksanakan upacara Nangluk Merana di Catus Pata, Kota Bangli, pada Tilem Kanem, Sukra Pon Julungwangi, Jumat (23/12).

Upacara yang sama juga dilaksanakan di masing-masing desa adat. Kabag Kesra Setda Bangli I Gede Eddy Hartawan mengatakan upacara Nangluk Merana merupakan upacara Bhuta Yadnya untuk menjauhkan umat manusia dari hal-hal negatif terutama bencana, seperti yang terjadi belum lama ini di Bangli. Upacara ini rutin dilaksanakan setiap tahun, bertepatan dengan Tilem Sasih Kanem. Upacara upacara untuk mengharmonisasi alam buana agung dan buana alit secara niskala. Selain itu, menetralisir kekuatan negatif. "Semoga dengan dilaksanakan upacara ini seluruh umat dijauhkan dari segala mara bahaya," ungkapnya.

Lebih lanjut, upacara Nangluk Merana tingkat kabupaten di Catus Pata ini dirangkaikan dengan upacara Pamlaspas Catus Pata. Karena sebelumnya dilakukan sejumlah perbaikan pada Patung Catus Pata. Selain itu, di masing masing desa juga melaksanakan upacara Nangluk Merana.

Ditambahkan, upacara di Catus Pata tersebut dipuput sulinggih, Ida Pedanda Gede Made Gelgel dari Griya Kediri, Banjar Brahmana Tegalalang, Kecamatan Bangli, dan Ida Bhagawan Santhika Pemayun dari Puri Denpasar, Bangli. *esa

Komentar