nusabali

SMAN 3 Denpasar Kenalkan Jurnalisme kepada Siswa

  • www.nusabali.com-sman-3-denpasar-kenalkan-jurnalisme-kepada-siswa

DENPASAR, NusaBali
SMA Negeri 3 Denpasar melalui ekstrakurikuler jurnalistik Madyapadma Journalistic Park untuk ke-13 kalinya menggelar kegiatan Apresiasi Sineas dan Jurnalis (Presslist) yang puncak kegiatannya berlangsung selama dua hari, 23-24 Desember 2022.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan ajang Youth Sineas Award (YSA) yang dilaksanakan untuk ke-8 kalinya dengan puncak kegiatan pada 21 Januari 2023.

Kepala Sekolah SMAN 3 Denpasar Kadek Dwi Rustinawati SPd MPd, menyampaikan Presslist dan YSA bertujuan memberi ruang berkarya kepada murid SMP/SMA menuangkan ide-ide kreatifnya ke dalam media jurnalistik. “Ini akan memberikan kesempatan mereka menunjukkan kreativitasnya dalam bentuk tulisan maupun film,” ujar Dwi Rustinawati ditemui seusai membuka puncak kegiatan Presslist ke-13 Tahun 2022, di aula SMAN 3 Denpasar, Jumat (23/12).

Dwi Rustinawati yang juga guru Bahasa Inggris menambahkan, SMAN 3 Denpasar melalui Madyapadma Journalistic Park berkomitmen membimbing para siswa yang memiliki ketertarikan di bidang jurnalistik. Bahkan para siswanya telah menghasilkan beberapa buah buku terkait berbagai bidang yang menarik minat mereka. Buku-buku mereka pun ikut dipamerkan pada kegiatan Presslist kali ini.

Di samping pameran buku, foto-foto karya siswa jurnalistik juga ikut dipamerkan dan dilombakan. Selama ajang Presslist 2022, total ada 23 kegiatan yang berlangsung sejak Agustus 2022 hingga puncak kegiatan 23-24 Desember 2022.

“Semoga kegiatan ini bisa berjalan berkelanjutan, sehingga lebih banyak lagi generasi-generasi muda menunjukkan kreativitasnya dalam bidang jurnalistik,” kata Dwi Rustinawati.

Pemimpin Umum Madyapadma Journalistic Park Ni Nyoman Lavanya Iswari Devi, 17, menyampaikan lebih dari 50 pelajar dari seluruh Bali mengikuti berbagai lomba pada Presslist 2022. Untuk ajang Youth Sineas Award (YSA) yang akan berlangsung hingga 21 Januari 2022 bahkan diikuti beberapa siswa dari sekolah di luar Bali.

“Semakin ke sini semakin banyak yang suka bidang jurnalistik dan sekarang lagi gencar-gencarnya podcast. Di sini kita melatih remaja-remaja untuk berlatih berbicara menuangkan ide-idenya,” kata murid kelas XI MIPA1, ini. *cr78

Komentar