nusabali

Tips Memilih Sepatu Safety Kerja untuk Outdoor

  • www.nusabali.com-tips-memilih-sepatu-safety-kerja-untuk-outdoor

JAKARTA, NusaBali.com - Sepatu safety kerja adalah salah satu benda yang dijadikan sebagai alas kaki sehingga berfungsi melindungi seluruh kaki. Dalam memilih sepatu memang dibutuhkan beberapa tips yang bertujuan agar nanti tidak salah dalam memilih.

Pilihan sepatu ini seperti dalam memilih brand sepatu safety terbaik yang banyak digunakan oleh seseorang dalam pekerjaan. 

Sepatu safety memang sangat kuat dan tahan lama ketika digunakan untuk bekerja utamanya adalah pekerjaan berat. Meskipun jika melihat dari model sepatu safety terbaik ini memang memiliki bobot yang cukup berat ketika digunakan. Selain itu, saat menggunakan sepatu satu ini sebaiknya menggunakan kaus kaki agar kaki tidak sakit serta berkeringat. 

Tips dalam Memilih Merk Sepatu Safety Terbaik 

Dalam memilih sepatu safety dari tempat jual sepatu safety memang dibutuhkan beberapa tips sehingga tidak salah dalam memilih sepatu ini. Mengapa? Karena dikhawatirkan jika ada yang menjual merk sepatu ini tetapi bahan yang digunakan tidak sesuai. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips memilih sepatu safety yang lengkap. 

1. Material yang Digunakan 

Pada saat memilih sepatu safety sebaiknya memperhatikan material yang digunakan oleh sepatu tersebut. Mengapa harus memperhatikan bahan material yang digunakan karena bahan tersebut menjadi penentu baik tidaknya kualitas sepatu. Ciri-ciri material yang digunakan seperti tahan ketika digunakan pada tempat yang becek. 

Selain itu, sepatu safety ini juga harus tahan apabila digunakan pada tempat yang berlumpur ketika bekerja. Oleh karena itu, pemilihan bahan material yang digunakan sebaiknya yang terbuat dari bahan nitrile atau karet. Karena bahan ini sangat tahan saat berjalan di tempat becek maupun tempat berlumpur. 

2. Memperhatikan Ukuran Sepatu 

Ukuran sepatu adalah hal yang paling utama harus diperhatikan dalam membeli sepatu khususnya sepatu safety. Sepatu yang memiliki ukuran tidak sesuai dengan ukuran kaki tentunya tidak memberikan kenyamanan pada saat digunakan. Untuk itu, prioritaskan kenyamanan kaki pada saat menggunakan sepatu dengan memilih ukuran yang sesuai. 

Sangat disarankan agar memilih ukuran sepatu yang agak longgar sehingga tidak sesak jika menggunakan kaos kaki. Adapun pemilihan kaos kaki yang disarankan adalah kaos kaki yang memiliki bahan yang tidak terlalu tebal. Tujuannya adalah agar pada saat menggunakan sepatu, kaki tidak terasa sesak apalagi ini akan digunakan untuk bekerja. 

3. Fitur Sepatu yang Dipilih 

Dalam desain merk sepatu proyek memang tidak memiliki fitur yang sama sehingga memiliki desain yang berbeda. Oleh karena itu, anda sebaiknya memilih fitur sepatu safety yang memang sangat sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dijalankan sehingga ketika menggunakan sepatu, kaki akan terasa nyaman dan aman saat bekerja seharian. 

Misalnya jika anda memiliki pekerjaan di luar ruangan atau di dalam ruangan namun ada beberapa alat-alat berat. Sebaiknya memilih sepatu safety yang memiliki besi dan ada pada area depan sepatu untuk keamanan kaki. Tujuan pemilihan ini adalah agar kari kaki bisa terlindungi dan aman dari area yang rawan atau membahayakan ketika sedang bekerja. 

4. Menentukan Tinggi Sepatu 

Desain sepatu safety dari segi tinggi memang berbeda sehingga seseorang harus memilih berdasarkan kebutuhan. Memang dalam suatu pekerjaan baik itu indoor ataupun outdoor tentunya harus menggunakan sepatu dengan tinggi yang berbeda. Untuk pekerja yang bekerja di dalam ruangan sebaiknya memilih sepatu dengan ukuran 10-15 centimeter.
 
Sedangkan bagi pekerja yang berada di luar ruangan sebaiknya memilih sepatu yang lebih tinggi. Pemilihan sepatu yang lebih tinggi ini karena bekerja di luar ruangan tentu akan melewati tempat berlumpur dan sejenbisnya. Apalagi jika pekerja merasa sangat senang menggunakan celana pendek sehingga tinggi sepatu yang dipilih sekitar 15 sampai dengan 25 cm. 

5. Masa Berlaku Sepatu 

Sepatu boot juga memiliki masa berlaku untuk digunakan khususnya sepatu safety menerapkan masa berlaku tersebut. Jika masa berlaku dari sepatu sudah berakhir maka sebaiknya tidak menggunakan lagi sepatu tersebut. Untuk itu, ketika membeli sepatu sebaiknya memperhatikan tanggal produksi dari sepatu tersebut. 

Tanggal produksi sepatu ini biasanya ada pada bagian kotak atau di bagian dalam sepatu pada saat akan membeli. Dimana tanggal produksi tersebut dijadikan sebagai tanggal penentu masa berlakunya sepatu sehingga tidak dapat digunakan. Jika masa penggunaan sepatu berakhir maka sebaiknya mengganti dengan sepatu baru supaya lebih nyaman. 

6. Punya Fitur Waterproof
 
Memilih sepatu safety yang memiliki fitur waterproof ditujukan untuk pekerja yang bekerja di luar ruangan. Terlebih lagi jika pekerja berada di tempat yang sangat rawan resiko cedera sehingga penggunaan fitur ini sangat dianjurkan. Fitur waterproof adalah salah satu fitur anti air sehingga air tidak bisa masuk ke dalam sepatu.
 
Memang pemilihan sepatu dengan fitur waterproof harus dipertimbangkan demi keselamatan serta keamanan kaki. Sepatu safety yang memiliki fitur ini bukan hanya melindungi kaki terbebas dari air namun juga dari sengatan listrik. Untuk itu ketika membeli sepatu safety sebaiknya memikirkan beberapa hal agar kaki terlindungi. 

FAQ 

Apa fungsi safety boot?

-Sepatu boots safety telah dibuat untuk menghindari efek maupun terjadinya luka bakar area kaki ketika kaki terkena api ataupun paparan panas.

Apa manfaat safety shoes?

-Melindungi dari benda tajam dan berbahaya. Melindungi dari kemungkinan terkena pecahan kaca, besi ataupun serpihan yang lain 2. Mencegah kecelakaan kerja yang fatal. Safety shoes memiliki kemampuan yang cukup kuat dalam menahan berat hingga resiko patah tulang atau masalah yang lain dapat di minimalisir.

Komentar