nusabali

Kenali Perbedaan Sepatu Safety Wanita vs Pria serta Jenis-Jenisnya

  • www.nusabali.com-kenali-perbedaan-sepatu-safety-wanita-vs-pria-serta-jenis-jenisnya
  • www.nusabali.com-kenali-perbedaan-sepatu-safety-wanita-vs-pria-serta-jenis-jenisnya

JAKARTA, NusaBali.com - Beberapa tahun yang lalu, sepatu safety wanita hampir tidak pernah terdengar. Namun hari ini tidak demikian faktanya.  Dengan semakin banyaknya wanita bekerja di industry, permintaan terhadap sepatu safety perempuan terus melonjak.

Produsen juga semakin sering  mendesain sepatu safety untuk wanita yang bekerja di lapangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu sepatu safety untuk wanita, fitur-fitur yang dimilikinya dan cara memilih jenis sepatu terbaik. 

Apa Itu Safety Shoes untuk Wanita? 

Sepatu safety wanita adalah jenis alas kaki pelindung yang didesain untuk wanita berjalan atau bekerja di tempat yang mengancam keselamatan kaki. Ini termasuk lingkungan luar atau dalam ruangan namun sebagian besar melibatkan tempat kerja seperti fasilitas manufaktur, lokasi konstruksi dan pengaturan industry lainnya. 

Sepatu keselamatan wanita hadir dengan fitur yang  sesuai dengan anatomi kaki wanita yang ramping dengan lengkungan yang lebih tinggi, kaki depan yang lebar dan tumit yang lebih kecil. Produsen sering membuat sepatu ini dengan gaya yang menarik sesuai dengan selera feminine. 

Perbedaan Sepatu Safety Wanita vs Sepatu Safety Pria 

Ada beberapa variasi dalam hal sepatu keselamatan pria dan wanita. Karena kaki wanita berbeda dengan kaki pria, maka sepatu keselamatan untuk wanita hadir dengan fitur untuk memenuhi perbedaan anatomi ini. Berdasarkan hal tersebut, alas kaki pelindung untuk wanita pada berbagai tempat kerja umumnya memiliki ciri-ciri tersebut: 

1. Safety Shoes Wanita Lebih Kecil 

Sepatu keselamatan wanita cenderung lebih kecil daripada sepatu yang dibuat untuk pria, dengan perbedaan ukuran 1,5 dalam banyak kasus. Selain itu, sepatu wanita biasanya memiliki potongan lebih rendah pada pergelangan kaki. Tidak semua sepatu keselamatan untuk wanita berpotongan rendah karena desainnya bergantung pada jenis perlindungan yang dibutuhkan. 

2. Safety Shoes Wanita Lebih Sempit 

Kaki wanita umumnya lebih sempit, khususnya pada bagian tumit. Akibatnya adalah pabrikan mendesain sepatu safety perempuan agar sesuai dengan ini. Jadi mereka menggunakan last atau cetakan sepatu yang dibuat berdasarkan bentuk umum kaki wanita. Ini membantu memastikan kecocokan yang tepat dan mencegah permasalahan seperti terpeleset dan lecet.  
 
3. Safety Shoes Wanita Lebih Ringan 

Sepatu safety wanita biasanya dibuat dengan desain yang tidak terlalu besar. Itu karena pergelangan kaki dan otot kaki wanita yang tidak sekuat pria dan tidak akan bisa menopang sepasang sepatu yang terlalu berat. Dengan kata lain, sebagian besar sepatu safety wanita akan terasa lebih ringan jika dibandingkan dengan pria. 

4. Dukungan Arch Sepatu Safety Wanita 

Umumnya, tendon Achilles pada kaki wanita lebih tinggi (serta lebih kecil) jadi sepatu keselamatan untuk wanita perlu menawarkan lebih banyak dukungan lengkungan dibandingkan sepatu safety pria. Tanpa adanya fitur ini, sepatu akan terasa tidak nyaman dan membuat pekerja wanita mengalami permasalahan terkait dengan alas kaki. 

5. Sepatu Safety Wanita Lebih Stylish 

Ketika membahas tentang sepatu keselamatan wanita, model yang modis adalah pilihan yang popular. Pekerja wanita harus menjaga selera style-nya, itulah mengapa pabrikan mempertimbangkan fitur tambahan setelah kenyamanan dan keamanan. Sepatu keselamatan modis untuk wanita seringkali hadir dengan warna yang jauh lebih cerah dan fitur gaya lainnya seperti pola yang menarik. 

Jenis Sepatu Safety Wanita 

Sepatu safety untuk wanita tersedia dalam berbagai tipe, demikian juga untuk pria ada berbagai tipe. Itu artinya berbagai kemampuan perlindungan seperti ketahanan selip, steel or composite toe, sepatu keselamatan EH-rated atau ESD dan sebagainya. Berbagai jenis sepatu safety untuk wanita antara lain sebagai berikut: 

1. Sepatu Safety Steel Toe untuk Wanita 

Ini juga dikenal sebagai sepatu keselamatan jari kaki baja wanita, jenis sepatu kerja ini memiliki tutup pelindung di atas jari kaki untuk melindungi kaki anda dari benda jatuh atau terguling. Daftar ini juga mencakup sepatu bot berujung baja, sepatu bot kerja wanita dan alas kaki lain yang serupa. Sepatu berujung baja adalah pilihan yang baik jika anda bekerja pada pabrik, gudang atau lokasi konstruksi. 

2. Sepatu Toe Komposit untuk Wanita 

Sepatu keselamatan jenis ini juga dikenal sebagai non logam karena tidak menggunakan logam apapun di dalamnya (kecuali jika ada tumit baja tentunya). Sepatu ini lebih ringan dari sepatu berujung baja, sepatu safety komposit untuk wanita paling cocok untuk situasi yang tidak melibatkan penanganan benda berat namun mengharuskan si pengguna untuk banyak bergerak. 

FAQ 

Jenis sepatu apa yang harus dipakai untuk keselamatan?

-Alas kaki pengaman integral atau SB.  Alas kaki pengaman integral juga dikenal sebagai sepatu industri. Jenis alas kaki untuk penggunaan profesional ini menutupi area jari kaki dengan safety toe cap yang melindungi dari benturan dengan energi setara dengan 200 Joule, dan dari kompresi dengan beban 15 Kilonewton.

Apa perbedaan antara sepatu keselamatan dan sepatu biasa?

-Sepatu normal tidak dapat memberikan jenis perlindungan yang diinginkan yang dicari oleh pekerja dari bidang ini. Untuk melindungi tenaga kerja dari sengatan listrik, sepatu keselamatan dibuat dari bahan non-konduktif seperti karet dan kulit.

Komentar