nusabali

Demam Piala Dunia 2022 Qatar, Musisi di Bali Ciptakan Lagu 'Messi'

  • www.nusabali.com-demam-piala-dunia-2022-qatar-musisi-di-bali-ciptakan-lagu-messi

DENPASAR, NusaBali.com – Demam Piala Dunia 2022 Qatar dengan segala kejutannya, menginspirasi Rafael merilis sebuah lagu berjudul ‘Messi’.

Lagu dengan genre Indian Film Pop tersebut langsung dirilis ke publik pada pertengahan Desember 2022. Nuansa musik yang ringan namun mudah melekat di telinga publik ini disokong nama besar para legenda sepakbola dunia saat ini, yakni, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Neymar, Kylian Mbappe dkk.

Pria asal Manggarai, NTT, yang berdomisili di Bali ini sebelumnya memang dikenal kerap menciptakan lagu yang terinspirasi situasi yang tengah hangat.

Pada 2021 lalu misalnya, Rafael juga merilis lagu berjudul ‘Covid One Nine’ saat dunia diguncang pandemi Covid-19. Kini, aksi para pesepakbola dunia di Qatar sejak bulan ovember hingga Desember ini juga mengilhaminya merilis lagu dengan irama rancak.

 Pria yang berkarir musik melalui Group Band Raff The Ambient ini menilai, event empat tahunan ini selalu dirindukan oleh publik di seluruh dunia. Bukan hanya itu, publik juga membawa idolanya masing-masing ke piala dunia tanpa ada sekat suku, agama, ras dan golongan. 

"Saya terinspirasi dengan event Piala Dunia. Kemudian saya pun membahasakan euforia Piala Dunia ini melalui lirik lagu. Sebab Piala Dunia 2022 kali ini sangat menarik, mulai dari tuan rumah Qatar yang terkenal dengan suhu yang panas sampai dengan tampilnya para legenda sepakbola dunia yang tidak mudah hilang dalam memori publik," ujar Rafael, Senin (12/12/2022).

Soal judul lagu ‘Messi’, menurut musisi yang eksis sejak era 2005 ini menjelaskan bahwa, judul lagu ini merujuk pada seorang publik figur legenda sepakbola asal Argentina, Lionel Messi. 

Walaupun saat ini sudah berusia 35 tahun, penampilan Messi masih mempesona, dan saat ini mengantar Tim Tango melaju ke semifinal Piala Dunia 2022. 

Selain Messi masih ada pemain senior Cristiano Ronaldo (CR) yang kali ini sudah berusia 37 tahun. Namun Timnas Portugal kandas di 8 besar. Nama lain yang disebut dalam lirik lagu ini adalah Neymar. Namun Brasil pun harus gugur di 8 besar. 

"Judul lagunya memang Messi. Namun saya juga menyebut bintang sepakbola lainnya. Mereka saya sebut dengan all stars. Ini yang dimaksud adalah Cristiano Ronaldo, Neymar, Mbape, dan semua bintang sepakbola di Piala Dunia Qatar yang lainnya," ujarnya.

Jiwa seni musik Rafael sendiri terbentuk dari perjalanan panjang kariernya. Selain bermain dari hotel ke hotel di Bali, Rafael menjadi salah satu pentolan grup Raff The Ambient. 

Rafael yang awalnya menjalankan kiprah musiknya dengan format solo. Namun Rafael sendiri merasa ada sesuatu yang kurang jika hanya bermusik sendirian. Karena menurut dia, musik itu untuk dinikmati bersama. 

Ia pun mengajak beberapa rekannya. Hal yang sama juga dengan Piala Dunia 2022. Ia ingin membahasakan Piala Dunia ke dalam seni. 

“Sebab seni ini universal, bisa dinikmati oleh siapa pun. Seni musik itu harus kontekstual, membaca agenda publik yang ada,” ujarnya. 

Lagu Messi ditulis langsung oleh Rafael selaku vokalis. Kemudian racikan musik yang kental dengan nuansa ambience, elektronik dan sedikit sentuhan rock dibuat bersama oleh personel lainnya. 

Penggunaan sound elektronik yang unik, dari alunan synth, bass, dan keyboard membuat alunan musik dalam lagu ini jadi easy listening. 

Bersama dengan personel Raff The Ambient lainnya, seperti Dedi Eka Budiono (drum), Reynard Bai (gitar), Tony Roesman (keyboard dan music director), Rafael ingin agar para top player di lapangan hijau itu tidak lekang ditelan zaman.

Untuk yang ingin mendengarkan lagu 'Messi', saat ini bisa menyimak lewat platform YouTube Raff The Ambient.


Komentar