nusabali

Luhut Dorong Pendapatan Wisata Rp 3,2 Triliun

Orang RI Hobi Kuliner dan Jalan-jalan

  • www.nusabali.com-luhut-dorong-pendapatan-wisata-rp-32-triliun

JAKARTA, NusaBali
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ekonomi Indonesia masih ditopang oleh konsumsi.

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan ritel masih mendominasi dari tiga belanja masyarakat di berbagai daerah.

Luhut bilang, kelompok kelas menengah menjadi penopang konsumsi di Indonesia. Dikaitkan dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang memiliki hobi kuliner dan traveling, restoran serta supermarket menjadi paling sering dikunjungi.

"Merespons karakteristik masyarakat yang hobi kuliner dan traveling, kita akan implementasikan bangga berwisata di Indonesia (BBWI) saja, dengan target jumlah perjalanan wisatawan nusantara mencapai 1,2 hingga 1,4 miliar perjalanan pada 2023," tutur Luhut dalam penutupan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Kalimantan Barat, yang hadir secara virtual, Jumat (9/12).

Upaya-upaya ini diperkirakan dapat menghasilkan pendapatan pariwisata senilai Rp 3.281,7 triliun atau setara 18,4 persen dari produk domestik bruto (PDB) nominal atau memberi dampak ekonomi langsung sebesar Rp 4.283,7 triliun.

Untuk itu, lanjut Luhut, Kementerian BUMN melalui inJourney, bersama Kemenparekraf agar mengawal dengan baik upaya-upaya yang dilakukan pada depan agar BBWI dapat berjalan seiring dengan rangkaian agenda Gernas BBI.

Selanjutnya, terkait UMKM pada Gernas BBI yang on boarding, dari target 30 juta unit pada 2024, per Oktober 2022 sudah mencapai 20,6 juta unit yang beralih ke ekosistem digital. Dengan begitu, dirinya mengajak seluruh masyarakat dapat membantu UMKM dengan belanja produk lokal agar transaksinya meningkat. Utamanya, dorongan untuk belanja pada momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang digagas oleh idEA mulai 10-12 Desember 2022.

Melalui kegiatan ini ditargetkan memperoleh transaksi sebesar Rp 20 triliun, dengan 70 persen persen produk yang terjual adalah produk dalam negeri.

"Untuk itu, kita harus cerdas berbelanja, utamakan produk anak bangsa. Selain itu, untuk meningkatkan transaksi, kita punya virtual expo BBI dari Telkom, berisi produk hasil kurasi BBI. Pada kesempatan ini, saya minta dukungan Kementerian BUMN untuk mengagendakan belanja bersama pegawai BUMN dan anak perusahaan melalui virtual expo BBI," ujarnya seperti dilansir kompas.com.

Kemudian, belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN) per 6 Desember 2022, realisasi nasional sudah mencapai Rp 590 triliun dari komitmen Rp 996 triliun atau sebesar 60 persen. *

Komentar