nusabali

SMAN 1 Amlapura Gelar Pemilos e-Voting

  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-gelar-pemilos-e-voting

AMLAPURA, NusaBali
SMAN 1 Amlapura, Karangasem, menggelar Pemilihan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) atau dikenal pemilos, menggunakan e-voting pertamakali.

Pemilos menggunakan aplikasi LSM (learning management system). Aplikasi ini biasanya dipakai untuk belajar jarak jauh atau daring (dalam jaringan).

Meski demikian, semua siswa wajib datang ke sekolah menyalurkan hak pilihnya. Calon Ketua OSIS I Gede Bangkit Jayendrya Kosa, siswa kelas XI IPA3 terpilih sebagai Ketua OSIS, dengan 758 suara atau 73,9 persen, yang berlangsung di SMAN 1 Amlapura, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Sabtu (10/12).

Dalam Pemilihan Ketua OSIS untuk masa bhakti 2023 itu, hanya menghadirkan dua calon, pesaingnya juga datang dari siswi kelas XI IPA3, Ni Komang Laksmi Sucita Warapsari, meraih 265 suara atau 25,9 persen.

Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Amlapura di bawah Koordinasi Ketua Panitia Ni Putu Widiantara Darma Putri, terbagi 4 TPS, melibatkan 1.033 siswa, dan 78 guru dan pegawai. Panitia telah mengelompokkan semua siswa, guru dan pegawai ke dalam masing-masing TPS.

Dari 1.111 pemegang hak pilih yang menggunakan hak pilihnya 1.023 pemilih, 88 pemilih berhalangan. Hanya saja, hasil rekap panitia tidak menemukan perolehan suara kandidat di masing-masing TPS, karena aplikasi LMS, langsung menggabungkan semua perolehan hak suara untuk masing-masing kandidat.

"Kenapa semua siswa guru dan pegawai wajib datang ke sekolah, untuk menyalurkan hak pilihnya, karena setelah di sekolah masing-masing pemegang hak pilih baru dapat password, untuk bisa membuka aplikasi LMS. Tiap pemegang hak pilih hanya bisa menggunakan hak pilihnya sekali, selanjutnya tertutup oleh system," jelas Ketua Panitia Ni Putu Widiantara Darma Putri.

Pemilihan Ketua OSIS dengan aplikasi LMS, katanya, sangat memudahkan panitia, tidak perlu merekap surat suara yang masuk, karena secara otomatis system yang menghitung. "Makanya pemilihan Ketua OSIS, berlangsung lebih cepat. Walau sempat sedikit molor, karena pemegang hak pilih lambat menyalurkan aspirasinya, terutama di kelas X" tambahnya.

I Gede Bangkit Jayendrya Kosa yang alumnus SMPN 2 Amlapura mengaku telah siap memajukan sekolah dan memberdayakan seluruh pengurus OSIS, agar sekolah lebih maju, nantinya menggantikan Ketua OSIS Ni Luh Ayu Sasih Kirani. Ketua OSIS, jelas dia, memiliki tugas memimpin organisasi, memimpin rapat, menyusun program kerja, bertanggungjawab kepada pembina, mengoordinasikan antarpengurus dan lain-lain.

Sedangkan Ni Komang Laksmi Sucita Warapsari walau kalah di pemilihan Ketua OSIS, tetap berjanji mendukung kepemimpinan OSIS SMAN 1 Amlapura. "Saya tetap bantu, dan siap jadi pengurus," jelas, juara favorit Lomba Jurnalis Provinsi Bali G20 ini.

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana juga menyarankan calon Ketua OSIS yang kurang beruntung agar ikut jadi pengurus. Saat bersamaan kemarin juga melakukan pemilihan Ketua PKS (Patroli Keamanan Sekolah), dengan e-voting sebagai pemenang I Wayan Ardi Ardana kelas XI IPA1 dengan 716 suara mengungguli Ayu Putu Pinky Setiawati kelas XIIPA3 dengan 307 suara.*k16

Komentar