nusabali

Pasar Badung Dikunjungi Penumpang Kapal Pesiar

Sebulan Dikunjungi 1.600-an Wisatawan Mancanegara

  • www.nusabali.com-pasar-badung-dikunjungi-penumpang-kapal-pesiar

DENPASAR, NusaBali
Pasar Badung di Jalan Gajah Mada, Denpasar, dikunjungi sejumlah wisatawan penumpang kapal pesiar Viking Mars, Minggu (11/12).

Mereka berkeliling di dalam Pasar Badung dan beberapa orang di antaranya ada yang membeli buah. Salah seorang pemandu wisata yang tak mau namanya dipublikasikan, mengatakan selain Pasar Badung, wisatawan ini juga berkunjung ke Pura Jagatnatha Denpasar. Dikatakannya, penumpang kapal pesiar yang berkunjung ke Pasar Badung sekitar 60-an orang. Mereka naik tiga bus pariwisata.

Dirut Perumda Pasar Sewakadharma Kota Denpasar Ida Bagus Kompyang Wiranata yang biasa disapa Gus Kowi, menyatakan, Pasar Badung memang sering dikunjungi oleh penumpang kapal pesiar. Selain itu, juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara secara perseorangan, kelompok kecil, maupun rombongan besar.

“Kalau datang ke Pasar Badung biasanya mereka mengajak pemandu wisata masing-masing. Dan pemandu wisata ini sudah tahu alurnya,” kata Gus Kowi.

Selain itu, jika ada pemberitahuan ke unit Pasar Badung, maka akan ada petugas yang mengarahkan wisatawan ini termasuk menjelaskan seluk beluk pasar.

Gus Kowi mengatakan, dalam sebulan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pasar Badung mencapai 1.600-an orang. Pada November 2022, jumlah pengunjung wisatawan mancanegara terdata sebanyak 1.622 orang.

Adapun jumlah kunjungan wisatawan terbanyak datang dari Australia, sebanyak 515 orang. Kemudian disusul wisatawan asal Prancis sebanyak 183 orang dan asal Amerika sebanyak 180 orang. Selain itu, ada juga dari Spanyol sebanyak 149 orang, India sebanyak 119 orang, dan wisatawan dari negara lain dengan jumlah di bawah seratus orang. *bin

Komentar