nusabali

Hoaks! Video OSO Dukung Anies Baswedan

Sekjen Partai Hanura: Kami Menunggu Arahan Presiden Jokowi

  • www.nusabali.com-hoaks-video-oso-dukung-anies-baswedan

JAKARTA, NusaBali.com - Viralnya video Ketua Umum Partai Hanura (Hati Nurani Rakyat) Oesman Sapta Odang (OSO) yang disebut-sebut mendukung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024, ternyata hoaks.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Hanura Kodrat Shah menegaskan, sang ketum tak pernah mengeluarkan pernyataan maupun deklarasi, untuk mendukung eks Gubernur DKI itu menuju RI 1. 

"Hoaks itu, tidak benar. Tak pernah Pak OSO mengeluarkan statemen seperti itu. Jadi saya tegaskan sekali lagi, video yang beredar berisi narasi Ketua Umum Hanura Bapak Oesman Sapta mendukung Anies Baswedan Itu hoaks," kata Kodrat saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (11/12/2022). 

Kodrat pun mengecam pihak-pihak yang tak bertanggungjawab, karena telah lancang menyebar video hoaks hingga viral di masyarakat. 

"Sangat kami sesalkan, dan kami kecam. Mereka berani-beraninya menyebarkan (video hoaks) yang jelas tak bertanggung jawab," kesal Kodrat. 

"Tidak pernah kami Hanura, apalagi ketua umum kami deklarasi Anies sebagai capres," sambungnya. 

Tak sampai di situ, terkait sosok capres di Pilpres 2024, Kodrat mengungkapkan, Partai Hanura masih menunggu arahan Presiden Jokowi. 

"Kami pada saatnya akan mendukung capres-cawapres. Tentu mendukung yang potensi menangnya besar. Dan juga pasangan yang jelas dan tak diragukan Pancasila serta kebhinnekaannya. Bukan yang mengusung politik identitas," ungkap Kodrat. 

Partai Hanura, lanjut Kodrat, kini sedang fokus untuk menghadapi verifikasi faktual partai politik, dan mempersiapkan strategi untuk meraih kemenangan di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. 

"Hanura prinsipnya siap menang. Insya Allah, kami kembali menjadi peserta pemilu dan lolos ke Senayan, serta mengirimkan sebanyak-banyaknya kader, lebih dari 4% kursi di Senayan,” tutup Kodrat. 

Diketahui pada video viral tersebut, berisi narasi Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta mendukung Anies Baswedan sebagai capres, viral di media sosial. 

Sebenarnya, dalam video yang beredar di berbagai platform media sosial tersebut, Oesman Sapta hanya berbicara pentingnya pemimpin yang dapat meneruskan pembangunan dan program baik pemimpin sebelumnya. Juga keberpihakan pemimpin nasional kepada daerah. 

Namun, video tersebut dibubuhi tulisan, "Resmi, DPP Hanura Deklarasikan Anies Capres". Selain itu, anehnya, setelah suara Oesman Sapta, muncul suara dari berbagai orang yang berbeda yang menyatakan, Anies The Best dibanding capres lain. 

Ada juga yang menyebut, Jokowi lebih terhormat mendukung Anies dan Rizieq Shihab. Selain itu, terdengar suara Rocky Gerung dan kompilasi suara dari orang lain yang tak berhubungan sama sekali dengan pernyataan Oesman Sapta. 

Komentar