nusabali

Pramuka SMA Negeri 1 Kuta Utara Pastikan Juara Umum Lokabhara VI

  • www.nusabali.com-pramuka-sma-negeri-1-kuta-utara-pastikan-juara-umum-lokabhara-vi

MANGUPURA, NusaBali.com – Gerakan Pramuka Pangkalan SMA Negeri 1 Kuta Utara (Sakura) memastikan diri mempertahankan gelar juara umum Lokabhara VI di Polres Badung setelah menjuarai LKBB dan Miniatur Pionering.

Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 05.073-05.074 ini berhasil meraih juara pertama di materi ketangkasan lomba Latihan Keterampilan Baris Berbaris tingkat Penegak dan lomba Miniatur Pionering Menara Pandang.

Pembina Gerakan Pramuka Pangkalan Sakura, Pande Gede Dirgahayu menjelaskan bahwa adik-adik binaanya telah berhasil menang di dua dari tiga materi lomba bagi Pramuka Penegak. Sedangkan satu materi lomba lagi adalah Senam Pramuka yang sedang dilombakan pada hari ini, Minggu (11/12/2022) siang.

“Kami sudah menang di materi LKBB dan Miniatur Pionering, tinggal Senam Pramuka saja yang dilombakan hari ini,” kata Pande ketika dijumpai pada Minggu siang di Pangkalan Sakura.


Foto: Pande Gede Dirgahayu, Pembina Gerakan Pramuka Pangkalan Sakura. -IST

Menurut pembina pramuka yang juga guru agama Hindu di Sakura ini, gelar juara umum untuk ketiga kalinya sejak 2017 hampir pasti dapat dipertahankan. Namun untuk mengamankan optimisme ini, tim Senam Pramuka harus memeroleh setidaknya posisi kedua.

Sementara itu, Pradana Gerakan Pramuka Pangkalan Sakura, Kadek Yudi Pranata, 17, menjelaskan bahwa senada dengan sang pembina, dirinya pun optimis tahun ini gudepnya akan kembali memboyong Piala Juara Umum Lokabhara VI.

Kata Yudi, Optimisme ini berangkat dari juara dari dua materi lomba yang sudah di tangan. Di lain sisi, tim Senam Pramuka Sakura memiliki tren positif yang menorehkan hasil di posisi dua besar dari tahun ke tahun.

“Kami sudah memboyong gelar juara umum sejak tahun 2017, kemudian lanjut di tahun 2019. Harusnya tahun 2021 ada gelaran namun karena pandemi, tahun ini seharusnya kami dapat kembali mengulangi sejarah untuk ketiga kalinya,” kata Yudi ketika dijumpai di sela-sela memantau anggota Gerakan Pramuka Pangkalan Sakura mengikuti Lokabhara VI hari terakhir di halaman Mapolres Badung pada Minggu siang.

Foto: Yudi Pranata (paling kanan), Pradana Gerakan Pramuka Pangkalan Sakura. -IST

Yudi menegaskan bahwa keberhasilan dalam menjuarai dua materi lomba pada hari sebelumnya tidak terlepas dari latihan dan bimbingan para alumni Gerakan Pramuka Pangkalan Sakura yang masih sering berkunjung dan membantu berbagi ilmu dan pengalaman.

Meskipun demikian, Gerakan Pramuka Pangkalan Sakura sempat dianggap remeh dalam materi LKBB dan sehari sebelum perlombaan gerakan tim LKBB Sakura masih belum rapi. Akan tetapi, hasil akhir membuktikan proses latihan yang sudah dilakukan selama ini. Dan begitu juga yang diyakini Yudi untuk materi Senam Pramuka.


Komentar