nusabali

PBVSI Yakin Kualitas Pemain Porprov

35 Atlet Putra dan 25 Putri Diproyeksikan ke Pra PON

  • www.nusabali.com-pbvsi-yakin-kualitas-pemain-porprov

Dari sisi kualitas pemain, kita yakin di Pra PON nanti mampu bersaing secara ketat. Hal itu semua setelah melihat materi atlet yang tampil di Porprov Bali.

DENPASAR, NusaBali
Pengprov Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Bali optimistis dengan kualitas dan materi pemain voli yang terjaring dalam Porprov Bali XV/2022 yang akan diturunkan pada Pra PON 2023.

Kualitas para pemain Porprov itu dinilai merata dan mampu bersaing di level nasional. Data awal PBVSI Bali tercatat 60 pemain voli potensial, yang terdiri dari 35 putra dan 25 putri .

"Dari sisi kualitas pemain, kita yakin di Pra PON nanti mampu bersaing secara ketat. Hal itu semua setelah melihat materi atlet yang tampil di Porprov Bali," kata Ketua Umum Pengprov PBVSI Bali I Nyoman Sukanada, yang dibenarkan Sekum Pengprov PBVSI Bali, I Ketut Supardanayasa, Jumat (9/12).

Menurut Sukanada, gelaran Porprov Bali pada akhir November lalu memang ada banyak hasil pertandingan tidak terduga. Hal itu karena teknik, skill, dan materi pemain sudah sangat berimbang. Bahkan kemampuan smash juga cukup bervariasi.

Menurut Sukanada , hal itu menandakan materi pemain voli di Bali sudah sangat merata dan tidak didominasi satu daerah lagi.  

"Dominasi juara beruntun di Porprov, juga terpatahkan di Porprov Bali setelah Gianyar keluar sebagai peraih medali emas di sektor putra. Ini menandakan geliat pembinaan di Pengkab PBVSI Bali semuanya berjalan dengan baik," terang Sukanada,  yang juga mantan manajer tim bola voli Tirta Dewata Bali.

Sukanada menambahkan, pada Porprov sebelumnya, Tabanan masuk final, tapi kali ini Gianyar langsung tampil perkasa di final dengan menundukkan Badung.

Pemain bola voli Karangasem, Jembrana, Bangli juga sangat bagus, dan mampu bersaing sangat ketat. Namun akhirnya Tabanan harus mengakui ketangguhan Karangasem di posisi tiga besar.

"Ini pertanda bagus bagi kita di Pengprov PBVSI Bali, sangat membantu dan memudahkan dalam mencari pemain nantinya," tegas Sukanada, yang juga mantan Direktur PDAM Badung.

Sekum PBVSI Bali, I Ketut Supardanayasa menambahkan untuk menatap Pra PON, tim talent scouting telah memantau sejumlah pemain yang dinilai layak sebagai tim bayangan Pra PON.

Supardanayasa mengakui data saat sudah ada 35 atlet putra, dan 25 atlet Putri. Dalam perjalannya pria yang juga pengurus cabor pickleball itu memastikan akan ada seleksi menuju tim definitif. Dengan harapan tim bola voli Bali bisa bersiap lebih lama menyongsong Pra PON agar lebih matang saat menjalani kualifikasi menuju PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut.

"Semoga nanti ada dukungan angaran dari KONI Bali terkait persiapan kita membentuk tim Pra PON Bali," kata pria yang juga Binpres KONI Karangasem itu. *dek

Komentar