nusabali

Badung Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Sangat Baik

  • www.nusabali.com-badung-raih-anugerah-meritokrasi-kategori-sangat-baik

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung di penghujung tahun 2022 sukses mendulang prestasi dengan meraih Anugerah Meritokrasi Kategori Sangat Baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Penghargaan dalam bidang penerapan Sistem Merit ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas dan Ketua KASN RI Prof Dr Agus Pramusinto yang diterima Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Badung I Gede Wijaya didampingi Kepala Bidang Mutasi, Promosi, Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur I Gde Surya Kurniawan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (8/12).

MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas, mengatakan kegiatan penganugerahan meritokrasi ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk pengukuran kinerja ASN dalam rangka mendukung prioritas kerja Presiden dalam bidang pembangunan SDM. Dikatakan SDM unggul dan sistem meritokrasi merupakan kunci sukses perubahan organisasi.

Sedangkan Ketua KASN Prof Dr Agus Pramusinto, mengatakan penghargaan ini merupakan penghargaan dari Pemerintah Pusat kepada Instansi Pemerintah dalam Penerapan Sistem Merit sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014. Kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut dinilai telah menjalankan kebijakan dan kewenangan manajemen kepegawaian yang mengacu kepada sistem Merit. “KASN dengan berbangga hati mempersembahkan Anugerah Meritokrasi Tahun 2022 ini sebagai bentuk apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah berhasil menerapkan Sistem Merit. “KASN berupaya terus mendorong konsistensi penerapan Sistem Merit agar terus terjaga serta untuk memotivasi lebih banyak instansi untuk berkomitmen menerapkan sistem merit dengan lebih baik,” katanya.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Badung, Kepala BKPSDM I Gede Wijaya menyampaikan rasa syukur atas anugerah yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Badung. Pemerintah Kabupaten Badung selalu berkomitmen untuk menerapkan Sistem Merit dalam manajemen ASN sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, karena Sistem Merit menjadi sistem manajemen pengembangan SDM secara strategis dalam kebijakan dan manajemen ASN guna melahirkan sumber daya ASN yang unggul dan selaras dengan potensinya.

“Tentunya kami berterima kasih atas dukungan semua pihak, utamanya ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung yang terus berupaya maksimal dalam mendukung terwujudnya birokrasi yang bersih dan akuntabel,” ujarnya.

Dikatakan, ada delapan aspek yang dinilai pada penganugerahan tersebut melalui aplikasi SIPINTER KASN, antara lain aspek pengadaan, aspek pengembangan karir, aspek promosi dan mutasi, aspek manajemen kinerja, aspek penggajian, penghargaan, dan disiplin, aspek perlindungan dan pelayanan, aspek sistem informasi. “Dari semua aspek yg dinilai, Pemerintah Kabupaten Badung di tahun 2022 ini telah mampu meningkatkan hasil penilaian dari tahun sebelumnya yang telah memperoleh hasil penilaian dengan kategori ‘baik’ menjadi kategori ‘sangat baik’,” kata Wijaya. *asa

Komentar