nusabali

Kawasan GWK Jadi Istana Mainan Anak-Anak

  • www.nusabali.com-kawasan-gwk-jadi-istana-mainan-anak-anak

MANGUPURA, NusaBali.com – Kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Ungasan, Kuta Selatan, kini menjadi surga hiburan bagi anak-anak. Pasalnya di kawasan ini tersedia rental aneka mainan anak-anak.

Salah satunya adalah usaha bernama Rpley Cars yang menyediakan  go car, skuter, mobil jeep kecil, dan mobil jeep besar. 

Di lahan halaman Asana Artseum GWK seluas sekitar 500 meter persegi, anak-anak bisa puas berkeliling menggunakan mobil ataupun skuter.

Sebagai penggeraknya, mainan-mainan ini menggunakan dinamo listrik dan baterai aki sebagai sumber energi penggeraknya.

Banderol harga untuk bermain pun tidak mahal-mahal amat. Untuk jenis mobil jeep misalnya, harga sewa Rp 20.000 setiap 10 menit. Sedangkan mainan jenis skuter serta go car dipatok Rp 15.000 per 10 menit. Namun tak hanya sepuluh menit, biasanya anak-anak yang menyewa mainan ini bermain selama 20 hingga 30 menit sekali sewa.

Antusias anak-anak pun sangat tinggi, terutama hari Jumat hingga Minggu, sejak sore pukul 16.00 Wita, anak-anak sudah mulai mengantre.

“Paling ramai itu di hari Sabtu dan Minggu. Biasanya sampai Rp 2 juta per hari. Kalau entitas yang menyewa itu 40-50 orang,” ujar karyawan Rpley Cars, Deni Alamsyah, Kamis (8/12/2022).

Deni menjelaskan jika usaha rental ini sudah beroperasi sejak bulan April 2022. Dulu ia mengaku hanya memiliki 6 unit mobil saja. Namun lambat laun karena semakin banyak peminat untuk menyewa mobil mainannya, maka jumlah itu terus bertambah hingga 23 unit saat ini. 

Tidak hanya menyewakan mobil mainan anak saja, namun pihaknya berkreasi dengan menjual canvas untuk dilukis oleh anak-anak. 

“Lukisan itu harganya Rp 10.000 udah dapat canvas dan alat catnya. Kalau ramai bisa terjual 30 lukisan dan kalau hari biasa terjual 20 lukisan,” ujarnya.

Di kawasan yang sama juga ada usaha serupa bernama GA Cars.  Namun usaha yang sudah beroperasi sejak Maret 2022 ini hanya menyewakan jenis mobil jeep kecil dan mobil jeep besar yang berjumlah 10 unit. 

 “Usia anak yang bisa menggunakan mainan ini mulai dari usia satu setengah tahun dan maksimal beratnya 40 kg,” ujar Teguh Wiranto,  karyawan GA Cars.

Rata-rata yang menggunakan jasa sewa mobil anak di lapaknya sebanyak 50-70 orang saat hari libur.

“Ramainya hari Sabtu dan Minggu bisa tembus 50-70 orang ke atas. Biasanya ramai di jam 18.00 ke atas,” ujarnya.

Saat ini, menurut Deni bisnis sewa mobil anak-anak cukup menjanjikan karena di kawasan Ungasan-Jimbaran wahana bermain anak-anak sangat jarang ditemui.

“Bali itu adanya wisata pantai saja, untuk wisata anak-anak jarang. Jadi semenjak ada sewa permainan ini khususnya di Jimbaran, anak-anak jadi ada tempat untuk bermain,” paparnya.

Uniknya, untuk memikat pelanggan, Deni memberikan sejenis voucher bagi setiap pengunjung yang nantinya dapat ditukar untuk mendapatkan akses bermain secara gratis.

“Jadi nanti yang menyewa itu dapet kartu voucher yang berguna kalau dikumpulkan sebanyak 10 voucher nanti dapat gratis satu kali main. Berlaku untuk semua pengunjung,” jelasnya.

Salah satu pengunjung yang tinggal di kawasan Puri Gading, Jimbaran,Retri Tyas Tanjung Sari, 37, mengatakan jika ia sering mengajak anak-anaknya ke area GWK untuk bermain.

“Lebih beragam mainan anak-anaknya sekarang dibanding saat pandemi, harga sewanya juga murah jadi sering ajak anak-anak ke sini,”ungkap Retri Tyas Tanjung. *ris

Komentar