nusabali

Buka Batanbuah Rangda Festival, Sekda Adi Arnawa 'Ngunying' Cikho Cis

  • www.nusabali.com-buka-batanbuah-rangda-festival-sekda-adi-arnawa-ngunying-cikho-cis

MANGUPURA, NusaBali.com – Biasanya gelaran festival dibuka dengan pemukulan gong. Namun, kali ini Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa memperagakan ngunying rangda untuk membuka Batanbuah Rangda Festival, Kamis (8/12/2022) malam.

Diketahui bahwa rangda yang menjadi sasaran ngunying Sekda Badung itu ditarikan oleh seorang penari rangda milenial berbakat dan sudah banyak dikenal oleh kalangan muda yakni Cikho Cis dari Kedewatan, Ubud.

Dengan penuh penghayatan sembari berlari kecil menuju rangda yang ditarikan oleh Cikho Cis itu, Sekda Adi Arnawa menghunuskan sebilah keris yang tajam ke badan sang rangda.

Tidak lupa, Adi Arnawa berteriak sembari mendorong dan menggoyangkan ujung keris itu seakan birokrat asal Kuta Selatan ini menjadi bagian dari pementasan sebuah calonarang.

Suasana pun semakin riuh tatkala sekaa tabuh pengiring mulai membuka tabuh bernuansa bebarongan yang dipercepat semakin membuat adrenalin memuncak. Barang sepuluh detik, Adi Arnawa lantas menyudahi tontonan langka bagi masyarakat dan jajaran pemerintahan mana pun di Badung.

Tampak dari raut wajah pemimpin dapur pemerintahan Giri Prasta-Suiasa itu menikmati sensasi ngunying rangda di panggung terbuka yang digelar di Bale Banjar Batanbuah, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal tersebut.

Menurut IB Gede Suparsa selaku Ketua Panitia Batanbuah Rangda Festival, gelaran lomba tari rangda dan makendang tunggal ini merupakan pembuka acara HUT Ke-38 Sekaa Teruna (ST) Windhu Sari.

“Untuk menyambut HUT Ke-38 ST Windhu Sari, kami menggelar lomba tari rangda dan makendang tunggal selama dua hari dari 8-9 Desember 2022,” ujar Suparsa usai mendampingi Sekda Adi Arnawa membuka festival yang baru pertama kali digelar ini.

Sementara itu, dalam sambutannya, Sekda Adi Arnawa memotivasi ST Windhu Sari untuk tidak sungkan-sungkan menggelar kegiatan semacam festival lomba tari bebapangan ini kembali pada tahun depan.

Kata mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah ini, Pemkab Badung bakal mendukung kegiatan Batanbuah Rangda Festival pada setiap tahunnya. Sebagai kabupaten yang bertumpu pada pendapatan sektor pariwisata, Adi Arnawa menegaskan bahwa kelestarian budaya di Badung harus tetap ajeg demi keberlangsungan industri pariwisata.

“Kegiatan semacam ini agar terus dilakukan dan jangan ragu-ragu karena Pemkab Badung akan terus mendukung kegiatan anak muda dalam memajukan adat, agama, dan budaya,” tegas Adi Arnawa. *rat

Komentar