nusabali

Akun Instagram KPU Bali Diretas

  • www.nusabali.com-akun-instagram-kpu-bali-diretas

DENPASAR,NusaBali
Jelang Pemilu 2024, selain sibuk soal urusan tahapan pemilu, jajaran KPU Bali dipusingkan urusan media sosial (medsos).

Bagaimana tidak, Akun Instagram KPU Bali diretas hacker. Kontan saja, jajaran penyelenggara pemilu di Pulau Dewata ini kelabakan, karena data dan informasi tentang tahapan Pemilu 2024 yang diunggah ke publik menjadi kacau balau.

Aksi peretasan Akun Instagram KPU Bali ini diinformasikan bagian Humas KPU Bali, Kamis (8/12). Awalnya, pada Selasa (6/12) sore kurang lebih jam 18.00 Wita ada pesan masuk ke inbox kpu_bali yang mengatakan telah terjadi pelanggaran hak cipta dalam postingan kpu_bali, dan meminta konfirmasi melalui link yang dikirimkan untuk mengecek kebenaran adanya pelanggaran pada postingan dimaksud.
 
Karena bermaksud mengecek,  operator IG kpu_bali mengklik link pada pesan yg masuk tersebut. Ketika klik telah muncul, ada warning dari Mac OS bahwa link ini berbahaya. Akhirnya ditutup tidak dilanjutkan prosesnya, dan langsung memblokir Account dari pengirim pesan. Namun pada malam harınya telah terjadi penggantian hak akses dari [email protected] ke email hacker.
 
"Sudah kami lakukan upaya prosedur recovery account dengan mengirim email ke Meta dan bahkan ke email yg membajak agar mengembalikan akun IG kpu_bali. Dan kami juga sudah melaporkan hal ini dengan KPU RI terkait hal ini. Kami masih mengikuti arahan dari Meta untuk procedure recovery dengan membalas konfirmasi konfirmasi security code yg dikirimkan," ujar Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan dalam rilisnya, Kamis (8/12).
 
Untuk mengantisipasi hal lain KPU Bali sudah memposting pengumuman di medsos lain terkait peretasan IG KPU Bali. KPU Bali meminta masyarakat untuk mengabaikan semua pesan yang masuk dari IG KPU Bali sampai ada pengumuman lebih lanjut. Jika IG telah pulih akan di informasikan kembali dari KPU Bali.*Nat

Komentar