nusabali

Pertama Kali, SMPN 3 Susut Gelar Pemilos

  • www.nusabali.com-pertama-kali-smpn-3-susut-gelar-pemilos

BANGLI, NusaBali
SMPN 3 Susut, Bangli, menggelar pemilos atau pemilihan ketua OSIS periode 2023.

Karena pemilihan langsung oleh peserta, maka pemilos ini mirip pelaksanaan Pemilu. Sebelumnya, ketua OSIS dipilih dengan penunjukan.   

Ratusan siswa menggunakan hak suara untuk pemilos. Kepala SMPN 3 Susut Ni Made Suryadini mengatakan baru pertama kali sekolah ini melaksanakan pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu. Sebelumnya, ketua OSIS dipilih dengan sistem ditunjuk langsung. "Ditunjuk langsung siswa yang aktif dan berprestasi sehingga demokratisnya kurang. Siswa yang prestasinya tak terlalu menonjol, sebetulnya memiliki semangat untuk ikut dalam oraganisasi," ungkapnya.

Kata dia, pemilos ini juga untuk memperkenalkan sejak dini tentang demokrasi, sekaligus sebagai penguatan karakter pelajar Pancasila. ‘’Melalui pesta demokrasi yang mirip Pemilu ini, diharapkan dapat mendidik anak-anak dalam berorganisasi, kedisiplinan, kebersamaan, gotong royong, berpikir kritis nasionalisme dan kepemimpinan," jelas Suryadini.

Pemilos ini, lanjut Suryadini, merupakan salah satu proyek dari Kurikulum Merdeka dengan tema suara demokrasi. Selain kegiatan belajar secara regular, pemilos juga merupakan salah satu bentuk implementasi dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)  bertema Suara Demokrasi.

Lanjutnya, pemilos disambut positif dari para siswa. Awalnya, ada 56 siswa mencalonkan diri dan setelah melalui tahap seleksi, didapatkan enam calon atau kandidat. Seperi halnya Pemilu, para calon berkampanye dan sosialisasi untuk memaparkan visi-misi kepemimpinan. "Rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak 26 November 2022. Diawali musyawarah di masing -masing kelas untuk mengajukan calon," kata mantan Plt Kepala SMPN 3 Bangli ini.

Ditambahkan, dalam pemilos ini, seluruh komponen sekolah memiliki hak suara. Jumlah pemilih meliputi guru 23 orang, pegawai 17 orang, dan siswa 228 orang. Hasilnya, suara sah 238 dan suara tidak sah 5 suara.

Suara terbanyak diraih I Dewa Ayu Ari Diana Wati, siswa kelas 8 dengan 131 suara. "Rencananya, kami akan melaksanakan pelantikan pengurus OSIS pada 19 Desember 2022. Tetapi, sebelumnya akan dilaksanakan pelatihan kepemimpinan yang diikuti calon pengurus OSIS," ujarnya.*esa

Komentar