nusabali

Kapolda dan Polda Bali Terbaik se-Indonesia, Dalam Ajang Kompolnas Awards Tahun 2022

  • www.nusabali.com-kapolda-dan-polda-bali-terbaik-se-indonesia-dalam-ajang-kompolnas-awards-tahun-2022

DENPASAR, NusaBali
Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dan Polda Bali terpilih sebagai Kapolda dan Polda terbaik di seluruh Indonesia dalam ajang penganugerahan penghargaan Kapolda dan Polda terbaik versi Kompolnas Awards 2022.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Irjen Putu Jayan dari Ketua Kompolnas yang juga merupakan Menko Polhukam Mohammad Mahfud Mahmodin atau Mahfud MD di Auditorium PTIK, Jakarta, Kamis (8/12).

Dalam penganugerahan Kompolnas Awards ini terdapat nominasinya adalah Polda, Polres, dan Polsek terbaik berikut Kapolda, Kapolres, dan Kapolsek terbaik. Polda Bali berhasil meraih peringkat terbaik dalam Polda terbaik se-Indonesia dan Kapolda Bali juga berhasil meraih Kapolda terbaik se-Indonesia.

Selain itu Kapolres Karangasem yang merupakan jajaran Polda Bali dalam ajang ini masuk dalam nominasi 16 besar Kapolres terbaik.  Dalam acara yang dihadiri oleh Wakapolri, Komjen Pol Gatot Edy Pramono dan para pejabat Polri yang datang dari seluruh Indonesia itu, Mahfud MD mengatakan saat ini institusi Polri sedang dihadapkan dengan permasalahan distrust oleh masyarakat akibat dari berbagai permasalahan yang terjadi. Guna memperbaiki kinerja Polri dalam penegakan hukum perlu dilakukan perbaikian dan perubahan, baik secara kultural, struktural, maupun instrumen hukum.

Dalam sambutannya, Mahfud mengungkapkan puncak prestasi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terjadi pada Febuari 2022. Hasil survei yang diadakan saat itu tingkat kepercayaan publik kepada pemerintahan Presiden Jokowi sebesar 76 persen. Sebagian besar disumbang oleh kinerja Polri, yakni mencapai 86 persen. "Itu adalah capaian terbaik. Sayangnya Agustus 2022 turun drastis menjadi 54 persen dan sekarang naik lagi menjadi 60 persen," beber Mahfud.

Meraih penghargaan Kapolda dan Polda terbaik se-Indonesia menjadi kebanggaan tersendiri bagi Irjen Putu Jayan Danu Putra. Kapolda Bali ini mengaku capaian menjadi Kapolda dan Polda terbaik ini tak terlepas dari kesuksesan Polda Bali dalam pengamanan KTT G20 pada November lalu. Selain itu menurut Kapolda bahwa capaian ini adalah hasil dukungan dan doa dari masyarakat Bali.

"Dalam ajang Kompolnas Awards ini Polda Bali berhasil meraih penghargaan terbaik se-Indonesia. Ini akan menjadi momentum untuk mendorong perbaikan terhadap kinerja polri, khususnya Polda Bali dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan sebagai fungsi pengendali sosial terhadap masyarakat," tutur Kapolda.

Adapun peringkat nominasi Kapolda terbaik versi Kompolnas Awards 2022 adalah peringkat 1, yaitu Kapolda Bali, peringkat 2 yaitu Kapolda Sumut, peringkat 3 yaitu Kapolda Riau. Peringkat wilayah kepolisian terbaik Polda, Polres dan Polsek se-Indonesia yaitu Polda Bali, Polresta Pekanbaru, dan Polsek Linge. *pol

Komentar