nusabali

Potensi Bali-Republik Ceko Kembangkan Kerjasama

  • www.nusabali.com-potensi-bali-republik-ceko-kembangkan-kerjasama

DENPASAR, NusaBali
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menghadiri acara 'Gathering and Cocktail Reception' bersama Wakil Menteri Luar Negeri Republik Ceko HE Martin Tlapa di Griya Santrian Resort and Spa Sanur, Denpasar, Rabu (7/12) malam.

Dalam kesempatan tersebut mengemuka sejumlah potensi kerjasama di antara kedua belah pihak. Wagub Cok Ace dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa acara ini adalah sebuah kehormatan besar sekaligus mengucapkan rasa terima kasihnya. "Terimakasih atas acara yang luar biasa ini. Selamat datang di Bali, semoga memberikan kesan terbaik pada Anda (Wamen Luar Negeri Republik Ceko, red) dan memberikan efek baik pula dalam hubungan dua negara," ucap Wagub Cok Ace.

Pria yang juga Guru Besar ISI Denpasar ini juga mengharapkan Kedatangan Wakil Menteri bisa mengangkat lagi pengetahuan masyarakat Republik Ceko tentang Pulau Dewata serta memperkuat keberadaan komunitas warga Ceko di Bali.

"Agar masyarakat Ceko bisa lebih banyak lagi yang menikmati Bali dalam waktu-waktu ke depannya," tutur Wagub.

Sementara itu Wamen Luar Negeri Ceko HE Martin Tlapa menyebutkan dalam tahun-tahun terakhir ini makin banyak warga Ceko yang datang ke Bali baik untuk berlibur maupun bekerja. "Saya sangat senang apalagi Bali sangat baik sekarang setelah berakhirnya pandemi. Senang bisa kembali dan melihat ekonomi kembali pulih. Orang-orang kembali beraktivitas," katanya menyinggung kedatangan dirinya untuk kedua kalinya ke Pulau Dewata
 
Wamen Tlapa juga mengatakan warga Ceko sangat senang berada di Bali dan ia melihat hubungan Ceko dengan Indonesia sangat baik. "Juga tentang ajang Bali Democracy Forum (BDF) sangat baik dan merupakan diplomasi sangat kuat bagi Indonesia," katanya.

"Saya juga melihat potensi kerjasama ekonomi yang sangat besar ke depannya. Kesempatan untuk (mengembangkan, Red) ekonomi hijau, infrastruktur, dan sebagainya," imbuhnya lagi.

Dalam acara yang berlangsung cukup santai tersebut, Wagub Cok Ace yang hadir bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho terlibat diskusi ringan terkait investasi, pengembangan ekonomi hingga pariwisata yang melibatkan kedua negara. Juga terkait kehadiran Republik Ceko dalam acara Bali Democracy Forum (BDF) 2022 yang dihelat pekan ini.

Wagub Cok Ace disambut Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Doleček dan Ketua Yayasan Pembangunan Sanur sekaligus Konsul Kehormatan Republik Ceko Ida Bagus Gede Sidharta Putra.

Acara tersebut juga dirangkai dengan pembukaan pameran foto yang menampilkan kiprah Republik Ceko dalam organisasi multilateral Uni Eropa. *cr78

Komentar