nusabali

Sejak 2019, SDN 2 Culik Koleksi 34 Juara

  • www.nusabali.com-sejak-2019-sdn-2-culik-koleksi-34-juara

AMLAPURA, NusaBali
SD Negeri 2 Culik, di Banjar Seloni, Desa Culik, Kecamatan Abang, Karangasem memiliki keistimewaan di bidang non akademis.

Sejak tahun 2019, SD Ini mengoleksi 34 gelar juara dari tingkat gugus, tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi.  Kasek SDN 2 Culik I Gede Sukasta mengakui, selama ini sekolah ini mencatat banyak prestasi bidang non akademis karena memiliki banyak siswa berbakat dan guru pembina. "Kami kumpulkan siswa berbakat, selanjutnya kami bina intensif, makanya membuahkan prestasi," jelas I Gede Sukasta di ruang kerjanya, Banjar Seloni, Desa Culik, Kecamatan Abang, Karangasem, Rabu (7/12).

Siswa berbakat bidang nyastra di bawah pembina Ni Nyoman Sariati, masatua Bali Ida Ayu Ketut Santiwiriani, mata pelajaran matematika I Nengah Suarsana dan lain-lain. "Pembinaannya sore hari atau saat jam sekolah, di saat di waktu luang," jelasnya.

Dari belasan siswa berbakat, dua di antaranya yang paling sering menyumbangkan prestasi, Ni Kadek Ratna Ananda Dwipaning kelas VI, dan Ni Komang Sava Oksamanela Triwibawa kelas V. Kedua siswa ini menyumbangkan prestasi sejak duduk di kelas III, mulai dari tingkat gugus, desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi.

Ni Kadek Ratna Ananda Dwipaning misalnya di tahun 2020 juara menyalin aksara Bali tingkat gugus. "Saya memang senang nyurat aksara Bali, menggambar, dan Matematika, sebab cita-cita mau jadi dokter," jelas alumnus TK Tunas Kartini kelahiran 10 Januari 2011 tersebut.

Siswi asal Banjar Seloni, Desa Culik berupaya di setiap lomba menjadi yang terbaik, agar mampu menginspirasi adik-adik kelasnya. Sehingga prestasi di SDN 2 Culik berkelanjutan. Rekannya Ni Komang Sava Oksamanela Triwibawa yang meraih prestasi terakhir, juara Lomba Mendongeng Tingkat Provinsi Bali 2022, juga bertekad untuk meneruskan prestasinya, di setiap kesempatan. "Sementara saya meraih gelar juara mulai dari tingkat gugus, tingkat desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi," jelas siswi dari Banjar Seloni, Desa Culik, kelahiran 1 Oktober 2011.

Satu hal yang memotivasi dirinya, karena ibu kandungnya Ni Nyoman Sariati, juga guru di SDN 2 Culik, selain sebagai pembina di sekolah dan di rumah, juga atas bimbingan Kasek I Gede Sukasta.

SDN 2 Culik didukung 9 guru, 170 siswa, terbagi 6 rombongan belajar, tahun 2019 mencatat 26 gelar juara, tahun 2020 sebanyak 7 gelar juara, dan tahun 2022 sebanyak 1 gelar juara, total 34 gelar juara. *k16

Komentar