nusabali

Kroasia Yakin Mampu Melawan Skuad Brasil

  • www.nusabali.com-kroasia-yakin-mampu-melawan-skuad-brasil

DOHA, Nusabali
Pelatih Kroasia Zlatko Dalic menyebut skuad Timnas Brasil memiliki ‘skuad yang menakutkan’.

Meski demikian, Dalic optimistis timnya bukanlah underdog dalam laga perempatfinal melawan favorit Piala Dunia 2022 Qatar, Jumat (9/12) nanti.

Menurutnya, Brasil mampu menghajar Korea Selatan 4-1 pada Senin lewat salah satu penampilan terbaiknya di turnamen sejauh ini. Namun Dalic berpendapat timnya dapat memberi perlawanan terhadap juara lima Piala Dunia itu.

Sebelumnya, Kroasia mengalahkan Jepang lewat adu penalti pada laga 16 besar, Senin (5/12). Zlatko Dalic pun mengatakan, dirinya bangga timnya menunjukkan karakteristik dan mentalitas hingga sampai perempatfinal di Qatar. Namun Dalic menyadari Tim Samba  akan menjadi lawan yang jauh berbeda.

"Brasil memiliki (lebih) dari 200 juta orang, penduduk kami hanya empat juta, jadi kami seperti pinggiran suatu kota di Brasil," kata Dalic dikutip AFP.

Menurutnya, laga nanti akan jadi pertandingan berbeda dari siapapun lawan yang telah dihadapi Kroasia sebelumnya,   karena anak-anak Brasil suka bermain sepak bola mulai dilahirkan. Bahkan secara realistis, Dalic mengakui, Brasil tim terbaik di Qatar.

“Mereka memiliki pilihan pemain yang hebat-hebat, skuad yang hebat, ini menakutkan, jadi akan menjadi ujian yang sangat besar bagi kami,"kata Dalic.

Dalic mengatakan melawan Brasil adalah laga terbaik di Piala Dunia ini.  Namun dia akan berupaya maksimal, dan tidak akan menyerah sebelum pertandingan. Kroasia Ingin menghadapi kualitas Brasil dengan apa yang dimiliki dan ingin mainkan sepak bola melawan.

Kroasia sendiri melakukan penyegaran dalam timnas pada empat tahun terakhir sejak Piala Dunia 2018. Yakni, hanya sejumlah pemain veteran yang tersisa, termasuk kapten Luca Modric dan pemain sayap Ivan Perisic.

Dalic mengatakan regenerasi itu seharusnya tidak dibandingkan dengan tim yang dikalahkan Prancis pada final di Rusia. Sebab saat itu mereka sebagian besar terdiri dari para pemain yang membela klub-klub elit. "Tapi saya menyanjung generasi ini, karena mereka bermain sangat hebat,"kata Dalic. *ant

Komentar