nusabali

Kemenparekraf Luncurkan 100 'Pak Wisnu'

Kejar Target 1,4 Miliar Wisnus

  • www.nusabali.com-kemenparekraf-luncurkan-100-pak-wisnu

JAKARTA, NusaBali
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan 100 Paket Wisata Nusantara (Pak Wisnu) guna mendorong target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) pada 2023.

"Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi (soal) bagaimana agar kita berwisata di Indonesia aja, kami berkoordinasi dengan 34 provinsi dan masing-masing mengirimkan tiga paket wisata terbaiknya, untuk menambah wisata liburan Nataru (Natal 2022 dan tahun baru 2023)," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (5/12).

Ia mengatakan, dari 1,4 miliar target pergerakan wisnus itu, 80 persen di antaranya berpusat di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, ditambah dengan adanya destinasi pariwisata super prioritas Candi Borobudur.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) juga turut berpartisipasi dengan mengirim tiga paket wisata unggulan yakni Private Trip Mount Lawu, Paket Wisata One day Tour SOLO Jeep, serta Paket Wisata Ziarah Wali Songo.

"Senang saya diajak diskusi dan mempromosikan tiga paket wisata dari masing-masing provinsi," ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kesempatan serupa seperti dilansir Kompas.com.

Ganjar juga memastikan Jateng akan berkolaborasi dengan daerah lain, termasuk dalam mempromosikan paket wisata religi, ziarah ke makam para sunan.

"Tentu kita tidak stand alone (bekerja sendiri), Jateng juga berkolaborasi dengan tempat lain. Maka tadi kita tawarkan, terutama religi, makam para sunan. Mulai dari Cirebon, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur satu paket," terang Ganjar.

Ia pun berharap 100 Paket Wisata Nusantara ini bisa menjadi pendukung untuk memenuhi target pergerakan wisatawan pada tahun 2023.

"Jadi kita bangun optimisme. Sekarang kita coba kembangkan dan Kemenparekraf memfasilitasi kita yang ada di daerah untuk kita bisa mempromosikan, tentu inspirasi dari kementerian untuk kami yang ada di daerah, hanya tiga loh yang didaftarkan ke pusat," pungkas dia.

Adapun rincian paket wisata bisa dilihat di laman https://www.indonesia.travel/id/id/campaign/100paketwisatanusantara. Calon wisatawan selanjutnya dapat menghubungi kontak yang tertera bila ingin melakukan pemesanan paket wisata. *

Komentar