nusabali

Wapres Ma’ruf Amin Dorong MPP dengan Platform Digital

  • www.nusabali.com-wapres-maruf-amin-dorong-mpp-dengan-platform-digital

DENPASAR,NusaBali
Wapres Ma’ruf Amin mendorong Mal Pelayanan Publik (MPP) di kabupaten/kota untuk meningkatkan pelayanan dengan platform digital.

MPP yang berjumlah 103 di seluruh Indonesia disebut bentuk konkret hasil kolaborasi antarsektor menuju integrasi penyelenggaraan pelayanan publik berkualitas bagi masyarakat.

“Keberadaan 103 MPP ini tidak hanya menandakan keberhasilan pemenuhan target tahun 2022, tetapi juga menjadi bentuk konkret hasil kolaborasi antarsektor menuju integrasi penyelenggaraan pelayanan publik berkualitas bagi masyarakat,” ujar Wapres Ma’ruf Amin dalam arahannya, di sela-sela Pencanangan Reformasi Birokrasi Tematik yang dirangkai dengan peresmian Mal Pelayanan Publik serta Penganugerahan Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik di Istana Wakil Presiden RI, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022).

Para Gubernur di seluruh Indonesia diundang hadir dalam acara tersebut. Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace hadr mewakili Gubernur Bali Wayan Koster.

Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan point arahan kepada lembaga terkait, untuk mengembangkan MPP agar kualitas layanan publik semakin meningkat. Wapres meminta Kementerian PAN-RB segera merumuskan dan melaksanakan terobosan MPP yang lebih dinamis. “MPP supaya meningkatkan pelayanan melalui platform digital,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres Ma’ruf Amin juga mendorong Kementerian Investasi menyempurnakan Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (OSS). Berikutnya, Wapres menekankan pentingnya pemberian tambahan anggaran bagi daerah yang kapasitas fiskalnya rendah. “Bappenas dan Kementerian Keuangan agar memberikan dukungan anggaran untuk peningkatan kualitas pelayanan publik bagi Pemerintah Daerah, khususnya bagi daerah yang kapasitas fiskalnya rendah,” jelas Wapres Ma’ruf Amin.

Arahan lainnya, para pemimpin daerah diharapkan dapat mengintegrasikan berbagai layanan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjadi satu kesatuan dalam MPP yang telah dibangun. “Para Gubernur, Bupati dan Sekda berkomitmen kuat dan bersama-sama mengintegrasikan berbagai jenis layanan OPD dalam satu penyelenggaraan MPP,” ungkap Wapres Ma’ruf Amin. *nat

Komentar