nusabali

67 Pelamar Berebut 12 Kursi PPK di Klungkung

  • www.nusabali.com-67-pelamar-berebut-12-kursi-ppk-di-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Sebanyak 67 orang bersaing merebut 12 kursi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Klungkung.

KPU Klungkung melakukan seleksi terhadap calon PPK yang dimulai dengan CAT (computer assisted test) di Gedung SMKN 1 Klungkung dan SMKN 1 Nusa Penida, Selasa, (6/12) pagi.

Sebanyak 12 calon PPK yang direkrut akan ditempatkan di 4 kecamatan yakni; Kecamatan Klungkung, Banjarangkan, Dawan dan Nusa Penida. Masing-masing kecamatan jumlah personil PPK sebanyak 3 orang. Dalam seleksi CAT kemarin, dari 67 pelamar, sebanyak 20 orang berebut di Kecamatan Klungkung, 17 orang berebut di Dawan, 16 orang di Banjarangkan dan 14 orang berebut di Nusa Penida. Para peserta seleksi CAT disodori 75 soal dengan waktu penyelesaian 90 menit (mulai 09.00 wita sampai 10.30 wita).

Anggota KPU/Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM (Sumber Daya Manusia) KPU Klungkung, Ida Bagus Nyoman Barwata mengatakan, dari 67 pelamar PPK yang bersaing didominasi tokoh masyarakat dan milenial. Rata-rata mereka sudah pernah pengalaman menjadi PPK. “Mayoritas peserta seleksi dari tokoh masyarakat, generasi muda. Mereka rata-rata sudah berpengalaman pernah jadi PPK. Setelah seleksi CAT akan dilanjutkan dengan wawancara,” ujar Barwata.

Kata Barwata, antusias pelamar calon PPK kali ini meningkat dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu. Pada Pemilu 2019, KPU Klungkung sampai memperpanjang masa pendaftaran, karena sepinya peminat calon PPK. "Mungkin karena semangat berdemokrasi dan mau jadi penyelenggara, sehingga antusias masyarakat meningkat kali ini," imbuh Barwata.*wan

Komentar