nusabali

Inggris vs Prancis, Walker Dinilai Pas Matikan Mbappe

  • www.nusabali.com-inggris-vs-prancis-walker-dinilai-pas-matikan-mbappe

DOHA, NusaBali
Duel dahsyat akan tersaji di babak perempatfinal Piala Dunia 2022 tatkala Inggris akan bertemu juara bertahan Prancis di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12) dini hari Wita.

Inggris dan Prancis sama-sama menang meyakinkan di babak 16 besar. Inggris mencukur Senegal dengan skor 3-0, sedangkan Prancis juga tampil perkasa dengan menaklukkan Polandia 3-1.

Pusat perhatian pun terarah pada bintang Les Bleus Kylian Mbappe yang sejauh ini tampil menawan bersama Timnas Prancis. Pemain berusia 23 tahun itu sukses menyarangkan dua gol, sekaligus menyamai rekor gol Lionel Messi (9) di Piala Dunia dan melampaui rekor gol Cristiano Ronaldo (8).

Lima gol sudah disarangkan Mbappe hanya dari empat pertandingan. Penampilannya yang impresif kala berjumpa Polandia semakin membuat publik bergemuruh. Banyak yang menganggap Mbappe akan jadi kartu truf Prancis untuk jadi juara lagi. “Setelah kalian melihat performanya melawan Polandia, wajar jika orang-orang jadi semakin sering berbicara mengenai dirinya. Kita semua tahu bahwa dia adalah pemain kelas dunia,” tutur bek kiri Inggris, Luke Shaw.

Mbappe memang menonjol, tetapi Prancis bukan soal Mbappe seorang. “Rasanya naif kalau kami hanya fokus pada dirinya sendiri,” ujar Shaw. Sebab, Prancis punya segudang pemain lain yang sama berbahayanya. Di lini depan masih ada Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, bahkan Olivier Giroud sang pencetak gol terbanyak sepanjang masa Prancis. “Mereka itu juara bertahan karena suatu alasan. Maka dari itu, kami harus memperhatikan mereka sebagai sebuah tim,” kata Shaw lagi.

Inggris sendiri memang dalam keadaan dan performa yang sangat bagus untuk meladeni sang juara bertahan. Inggris saat ini sudah mengemas 12 gol, sedangkan Prancis sembilan gol. Inggris juga sudah mencatatkan tiga kali nirbobol dari empat pertandingan. Dua gol saja yang bersarang ke gawang The Three Lions. Ditambah, Inggris belum pernah kalah. “Mereka semua memiliki pemain-pemain yang brilian di dalam lapangan, jadi kami tidak hanya akan fokus kepada Mbappe. Tapi saya rasa ini pertemuan yang luar biasa,” kata Shaw.

Ancaman Mbappe ini juga diperhatikan oleh analis Piala Dunia, Gary Neville. Dia mengakui Mbappe berbahaya, tapi seharusnya Inggris sudah punya jawabannya.  "Saya kira kami (Inggris] punya bek kanan terbaik di dunia untuk mengatasi ancaman Kylian Mbappe," ujar Neville di Sky Sports. "Soal duel fisik, kecepatan, dan pengalaman, saya bahkan tidak bisa memikirkan nama pemain lain yang lebih baik dari Kyle Walker untuk mengimbangi Mbappe."

Memang hampir mustahil menjaga Mbappe terus-menerus. Penyerang PSG itu pasti akan menemukan celah. Namun, Neville yakin Walker bisa mengatasi sebagian besar ancaman Mbappe. "Bukan berarti Walker akan membungkam Mbappe selama 90 menit. Mbappe adalah pemain sensasional dan spesial. Namun, Inggris pasti punya peluang," tandasnya. *

Komentar