nusabali

Usai Pemilos, SMPN 1 Abang Garap Orientasi OSIS

  • www.nusabali.com-usai-pemilos-smpn-1-abang-garap-orientasi-osis

AMLAPURA, NusaBali
Usai Pemilihan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMPN 1 Abang, berlanjut melaksanakan orientasi melibatkan calon pengurus OSIS di salah satu ruang kelas, Banjar Abang Kelod, Desa Abang, Kecamatan Abang, Karangasem, Selasa (6/12).

Pemilos SMPN 1 Abang dilaksanakan Senin (5/12), melibatkan tiga calon ketua, pemenang jabatan Ketua OSIS masa bhakti 2023 siswi kelas VIII/D Ni Ketut Delita Cintya Balmalia, dengan 243 suara, disusul I Wayan Depa Pratama kelas VIII/A dengan 239 suara dan Ni Putu Ari Anggreni kelas VIII/C dengan 216 suara.

Pemilos terbagai dua TPS (tempat pemungutan suara) dan 4 bilik suara, di bawah koordinasi Ketua Panitia I Komang Agus Tirta Mahardika, yang juga Ketua OSIS.

Menurut guru pembina OSIS, Pande Putu Darmiasih SPd MPd, pemegang hak suara 697 siswa dan 50 guru dan pegawai, sebanyak 6 surat suara tidak sah, dan 43 pemilih berhalangan hadir.

“Persaingan mengumpulkan suara berlangsung ketat di tiga calon Ketua OSIS itu, Pemilos SMPN 1 Abang sebagai ajang pendidikan berdemokrasi yang baik dan benar kepada siswa,” jelas alumnus Pascasarjana Undiksha Singaraja 2008.

Selama pemilos berlangsung, katanya, tanpa kendala teknis maupun non teknis, karena telah bertahun-tahun menyelenggarakan pemilos. Sehingga siswa telah memahami tata cara pemilos, dari mulai membentuk panitia penyelenggara, berbagi tugas di panitia, hingga tahapan penyelenggaraannya. “Saat pemilos, coblos tanda gambar, saya persilakan siswa yang menyalurkan hak pilihnya sesuai yang mereka anggap terbaik,” lanjutnya.

Usai pemilos, berlanjut orientasi OSIS, melibatkan 40 siswa calon pengurus OSIS mendapatkan pendidikan bidang keorganisasian, tata cara berorganisasi yang baik dan benar, memfungsikan seluruh pengurus yang ada dalam OSIS, belajar mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain.

Dalam orientasi OSIS menghadirkan empat narasumber yakni I Komang Sudana, Ida Bagus Mega, I Nyoman Duduk, dan I Nyoman Sudira. “Orientasi juga dapat materi tata cara upacara yang baik, baris berbaris, selain mendapatkan tentang kepemimpinan,” jelasnya.

Kasek SMPN 1 Abang I Gusti Bagus Putra mengapresiasi pelaksanaan pemilihan OSIS, tanpa hambatan, dengan melibatkan pengurus OSIS yang lama, dan di bawah bimbingan guru pembina. “Nanti serah terima pengurus OSIS, berlangsung Januari 2023, regenerasi kepemimpinan di OSIS, selalu ada pengurus lama kembali masuk struktur kepengurusan,” jelasnya.

Kata Bagus Putra, OSIS sangat penting sebagai perpanjangan siswa. Guru bisa memberikan pemahaman bidang tertentu melalui OSIS dan dilanjutkan pengurus OSIS kepada siswa.*k16

Komentar