nusabali

Bappeda Litbang Petakan Kawasan Kumuh di Gianyar

  • www.nusabali.com-bappeda-litbang-petakan-kawasan-kumuh-di-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda Litbang), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), dan Pertanahan Kabupaten Gianyar berkolaborasi memetakan kawasan kumuh di Gianyar.

Pemetaan tersebut dibahas dalam focus group discusion penyusunan RP2KPKPK (Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh) di Ruang Rapat Bappeda dan Litbang Gianyar, Selasa (6/12). Diskusi dibuka Kepala Bappeda dan Litbang Gianyar, Anak Agung Dalem Jagadhita.

Focus Group Discussion III ini dilaksanakan setelah 13 desa di Kabupaten Gianyar masuk dalam kawasan kumuh. Penetapan kawasan kumuh berdasarkan hasil survei pemetaan tim. Dari 13 desa, 7 di antaranya masuk dalam prioritas mendapatkan penanganan. Pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten hadir merancang dan mensinkronisasikan program-program penanganan desa-desa kumuh tersebut. “Pada tahap ini, kami baru diskusi untuk menentukan prioritas-prioritas bagi desa yang layak difokuskan mendapat dukungan program,” ujar Dalem Jagadhita.  

Mantan Kadisnaker ini berharap, kawasan kumuh bisa ditanggulangi sehingga masyarakat memiliki hak atas perumahan yang layak. FGD dihadiri pegawai Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali, Koordinator Kotaku Provinsi Bali, Perwakilan OPD lingkup Pemkab Gianyar, dan perbekel. 7 nvi

Komentar