nusabali

TOSS Klungkung Lolos Top 5 Inovasi Pelayanan Publik

  • www.nusabali.com-toss-klungkung-lolos-top-5-inovasi-pelayanan-publik

SEMARAPURA, NusaBali
Inovasi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) yang menjadi andalan Pemkab Klungkung lolos Top 5 Outstanding Achievement of Public Services ‘Sangat Terpuji’ Tahun 2022.

Program yang digagas Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta ini bersaing melawan 3.478 program lain dari seluruh Indonesia. Penyerahan penghargaan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas kepada Bupati Suwirta di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (6/12).

Bupati Suwirta menerima penghargaan didampingi Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung I Ketut Suadnyana dan Kabag Organisasi I Ketut Arie Gunawan. Bupati Suwirta mengatakan, pada Tahun 2018 TOSS berhasil masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik. Tahun 2021 TOSS berhasil masuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) kategori Khusus. Tahun ini, TOSS masuk dalam Top 5 Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022.

TOSS adalah inovasi program Pemkab Klungkung yang tercatat untuk ketiga kalinya masuk kompetisi yang digelar Kemenpan RB. Selain itu, Inovasi Gebrak (Gerakan Bersama Remaja Anti Rokok) juga masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. “TOSS ini sudah diyakini secara sistem dengan tetap mempertahkan dan mengembangkan metode pengolahan sampah,” ujar Bupati Suwirta. Ke depannya, Bupati Suwirta akan lebih memantapkan pengolahan dari hulu sampai hilir ditambah dengan gencarnya pembangunan TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle) di desa harus lebih digalakkan.

Bupati Suwirta bersyukur inovasi TOSS Klungkung kembali masuk Inovasi Pelayanan Publik Terpuji dan diakui di tingkat nasional. “Ke depannya akan terus melakukan proses penyempurnaan sehingga TOSS kian pantas menjadi objek studi daerah lain dalam mengelola dan mengatasi masalah sampah terutama mengatasi sampah plastik,” harap Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini. Dari hasil penganugerahan ini, Klungkung akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) yang akan diperuntukan untuk memaksimalkan TOSS. Akan banyak tamu yang datang baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun pemerintah kabupaten/kota di Indonesia.

Kabupaten Klungkung juga meraih penghargaan peringkat terbaik pembangunan daerah Provinsi Bali Tahun 2022. Kabupaten Klungkung sebagai peringkat I, Kota Denpasar peringkat II, dan Kabupaten Karangasem peringkat III. Penghargaan ini menjadi wadah bagi pemerintah daerah untuk memperkenalkan hasil inovasi unggulan daerah, baik berupa inovasi perencanaan maupun inovasi pelaksanaan pembangunan.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, mengatakan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji dapat menjadi inspirasi bagi daerah dan instansi lain yang memiliki permasalahan sama untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga diminta agar terbuka untuk melakukan transfer pengetahuan bagi instansi yang ingin mereplikasi. “Selamat bagi instansi yang inovasinya terpilih sebagai Top Terpuji. Bagi yang belum terpilih, jangan berkecil hati, karena penghargaan terbesar dari berjalannya inovasi bagi penyelenggara pelayanan publik tentunya adalah kepuasan masyarakat,” ungkap Azwar Anas. *wan

Komentar