nusabali

Denpasar Masuk 4 Besar Kota Mengecewakan di Dunia

Dewa Rai: Parameternya Tidak Jelas

  • www.nusabali.com-denpasar-masuk-4-besar-kota-mengecewakan-di-dunia

DENPASAR, NusaBali
Denpasar masuk 10 besar kota mengecewakan di dunia. Hal ini berdasarkan survey yang dilakukan perusahaan pengangkutan bagasi Radical Storage.

Survey ini disusun berdasarkan 832 ribu ulasan TripAdvisor dengan menyasar 100 kota populer di dunia. Dilansir dari situs Radical Storage, Denpasar masuk 10 besar kota paling mengecewakan di dunia dengan Jakarta. Jakarta berada pada peringkat kedua dengan 13,49 persen komentar negatif, dan Denpasar peringkat keempat dengan 9,98 persen komentar negatif.

“Tahun ini kami memperluas studi kami dan menganalisis lebih dari 826.000 ulasan TripAdvisor, di 100 kota yang paling banyak dikunjungi di dunia, untuk mengetahui kota mana yang paling mengecewakan karena tidak memenuhi ekspektasi wisatawan dan menciptakan lingkungan sindrom Paris terbaik,” tulis situs Radical Storage.

Terkait dengan hasil survey tersebut Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, Selasa (6/12). mengatakan survey yang dilakukan tersebut hanya berdasarkan ulasan TripAdvisor saja sehingga indikatornya tidak jelas.

Selain itu, dia mengatakan Bali menjadi tujuan wisata dunia dan kota yang ada di Bali adalah Denpasar, sehingga yang disebutkan adalah Denpasar meskipun tidak hanya menyangkut Denpasar.

“Padahal destinasi di Bali kan bukan hanya Denpasar, tapi karena kota di Bali itu Denpasar, jadi yang disebut ya Denpasar. Sehingga parameter dan kriterianya tidak jelas,” kata Dewa Rai.

Dewa Rai menambahkan, Pemkot Denpasar melalui Dinas Pariwisata juga sudah melakukan kajian dan survey terkait kepuasan wisatawan. Kajian ini melibatkan tim peneliti dari Unud, dengan melibatkan sebanyak 200 responden secara acak.

“Sebanyak 100 responden adalah wisatawan mancanegara dan 100 responden adalah wisatawan domestik. Hasilnya mereka merasa puas terhadap pelayanan di DTW, termasuk fasilitas pariwisata baik hotel, kuliner termasuk keramahan warga Denpasar,” ucap Dewa Rai.

Sementara untuk transportasi, dari survey tersebut, Denpasar mendapat predikat cukup. Selain itu, Denpasar juga sempat dinobatkan sebagai kota dengan penduduknya paling bahagia, ternyaman di dunia, hingga tersehat di dunia. “Juga ada survey yang mengatakan Denpasar kota paling aman di Indonesia,” imbuhnya. *mis

Komentar