nusabali

Linmas Desa Mengwitani Dibekali Keterampilan PBB dan Pengaturan Lalu Lintas

  • www.nusabali.com-linmas-desa-mengwitani-dibekali-keterampilan-pbb-dan-pengaturan-lalu-lintas
  • www.nusabali.com-linmas-desa-mengwitani-dibekali-keterampilan-pbb-dan-pengaturan-lalu-lintas

MANGUPURA, NusaBali.com – Sebanyak 31 petugas Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Mengwitani diberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan pangaturan lalu lintas, Selasa (6/12/2022).

Sejak pukul 08.00 Wita, petugas Linmas ini sudah bersiap di Lapangan Pratu Rai Madra, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Seluruh petugas Linmas yang terlibat dalam pembekalan tersebut terlihat tekun mengikuti arahan Bhabinkamtibmas Desa Mengwitani Aiptu I Nengah Surya Arsana dan Babinsa Koramil 1611-04/Mengwi Pelda I Ketut Sukerta.

Menurut Aiptu Surya Arsana, Linmas merupakan mitra penting dalam memelihara keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Oleh karena itu, mereka sudah semestinya didukung dengan pembekalan keterampilan yang mendukung peran tersebut.

“Keterampilan seperti PBB dan pengaturan lalu lintas ini sebagai bekal agar mereka dapat menjalankan tugas dengan baik jika diperlukan oleh masyarakat,” ujar Aiptu Surya Arsana di sela-sela kegiatan latihan.

Sementara itu, Pelda Sukerta pada kesempatan yang sama menjelaskan bahwa pelatihan terhadap petugas Linmas ini juga dimaksudkan untuk membentuk kedisiplinan. Sebagai bagian dari komponen penting dalam menjaga kondusivitas wilayah, Linmas tentu diharapkan dapat menjadi mitra Babinsa dalam membina warga binaan.

“Di samping itu, pelatihan bersama seperti ini juga dapat meningkatkan kekompakan dan loyalitas serta tanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban mereka,” imbuh Pelda Sukerta.

Selain keterampilan PBB dan 12 gerakan pengaturan lalu lintas, para petugas Linmas ini juga dilatih senam borgol dan senam tongkat untuk meningkatkan kebugaran sekaligus seni bela diri.

Aiptu Surya Arsana berharap para petugas Linmas dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam berperilaku, terutama dalam hal ketaat terhadap perturan yang berlaku. Selain itu, dirinya juga berpesan agar petugas Linmas dapat mengendalikan ego sehingga tidak arogan ketika menjalankan tugas. *rat

Komentar